Informasi › Berita
  • Disosnaker Badung Gelar Pemberdayaan Tenaga Kerja Disabilitas

    Admin

    Rabu, 7 Oktober 2015 01:00 WITA

    Disosnaker Badung Gelar Pemberdayaan Tenaga Kerja Disabilitas
    Foto : Disosnaker Badung Gelar Pemberdayaan Tenaga Kerja Disabilitas

         Guna mendorong tumbuh dan berkembangnya jiwa kewirausahaan yang mandiri yang ada pada tenaga kerja disabilitas agar menjadi unit ekonomi yang mandiri, meningkatkan aksesabilitas atas kesempatan kerja bagi tenaga kerja disabilitas serta menciptakan lapangan kerja bagi tenaga kerja penyandang disabilitas disektor informal dan sekaligus mengurangi angka pengangguran, Dinas Sosial dan Tenaga Kerja Kabupaten Badung menyelenggarakan kegiatan pemberdayaan tenaga kerja disabilitas, bertempat di Kantor Desa Belok Sidan Petang, Selasa (6/10). Kegiatan dibuka Kepala Disosnaker Badung Ida Bagus Oka Dirga didampingi Kepala Desa Belok Sidan I Made Rumawan.


                Lanjut disampaikan Oka Dirga, pemberdayaan penempatan tenaga kerja disabilitas adalah untuk memberikan kesempatan yang sama tanpa diskriminasi untuk memperoleh pekerjaan bagi tenaga kerja disabilitas, meningkatkan etos kerja dan motivasi kerja sesuai dengan konvensi PBB yang mengatur tentang pemenuhan hak-hak penyandang disabilitas (cacat) atau CRPD (Convention on the right of person with disability) yang telah diratifikasi oleh Pemerintah RI yang dikuatkan dengan UU No.19 Tahun 2011. Kegiatan ini merupakan bantuan sarana, Direktorat tenaga kerja dalam negeri, Ditjen Binapentasker Kementerian Ketenagakerjaan RI.


                Pemerintah Kabupaten Badung tetap konsisten melaksanakan pembangunan ketenagakerjaan yang berkualitas, produktif, efisien dan dapat menciptakan/memperluas lapangan kerja serta kesempatan kerja baik yang bersumber dari dana APBD maupun APBN. Dengan dilaksanakannya kegiatan ini diharapkan kepada para peserta disabilitas dapat tumbuh dan berkembang menjadi wirausahawan yang mampu merintis dan mengembangkan usaha. Pada kesempatan itu Oka Dirga menyerahkan secara simbolis alat bantu dengar dari Pemkab Badung dan peralatan pangkas rambut, mesin jahit dan peralatan ukir yang merupakan bantuan dari Direktorat Tenaga kerja dalam negeri, Ditjen Binapentasker kementerian ketenagakerjaan RI.


                Ketua panitia Dewa Gede Yoga Tangkeban selaku Kabid Penempatan Tenaga Kerja dan Perluasan Tenaga Kerja Disosnaker melaporkan kegiatan pelatihan ini diikuti oleh 30 orang peserta tenaga kerja penyandang disabilitas yang ada di desa belok sidan petang. Kegiatan pelatihan dilaksanakan selama 4 hari dari tanggal 6-9 Oktober 2015. Materi pelatihan terdiri dari program kebijakan Disosnaker Kabupaten Badung, pemberdayaan tenaga kerja penyandang disabilitas, pengenalan peningkatan pengetahuan, motivasi dan peningkatan kepercayaan diri, kewirausahaan, peningkatan keterampilan pangkas rambut, peningkatan keterampilan menjahit dan keterampilan ukir. Instruktur berasal dari Disosnaker Kabupaten Badung, masyarakat praktisi usaha di bidang menjahit/garmen, pangkas rambut dan ukir. Dana kegiatan ini bersumber dari APBN daftar isian pelaksanaan anggaran/Dipa tahun anggaran 2015 pada Direktorat Penempatan Tenaga Kerja Dalam Negeri, Ditjen Binapentasker.


    Bagikan
...

TENTANG

Pemerintah Kabupaten Badung

Ini adalah website resmi Pemerintah Kabupaten Badung, Bali, Indonesia.

Alamat
Jl.Raya Sempidi, Mangupura, Badung, 80351 Bali.

Media Sosial

KONTAK KAMI

  • Jl.Raya Sempidi, Mangupura, Badung, Bali.

  • (0361) 9009333

  • setda@badungkab.go.id

  • www.badungkab.go.id

FACEBOOK