Informasi › Berita
  • Wakil Bupati, I Made Sudiana serahkan 20 mesin Kembang Rampe

    Admin

    Senin, 29 Juni 2015 01:00 WITA

    Wakil Bupati, I Made Sudiana serahkan 20 mesin Kembang Rampe
    Foto : Wakil Bupati, I Made Sudiana Serahkan 20 Mesin Kembang Rampe

            Wakil Bupati Badung, I Made Sudiana didampingi Kadis Koperasi Perdagangan dan UKM Badung I Ketut Karpiana menyerahkan mesin pembuat Kembang Rampe kepada kelompok petani pengrajin Kembang rampe Banjar Aseman Desa Abiansemal Kecamatan Abiansemal Badung yang dilaksanakan di ruang Nayaka Gosana II Puspem. Badung “ Mangupraja Mandala”. Acara dihadiri oleh Kepala Inspektorat Kab. Badung dan Dinas terkait dilingkungan Pemerintah Kabupaten Badung. Kamis (25/6). Pengembangan ekonomi kerakyatan yang digaungkan oleh Pemerintah telah memberikan nafas baru dalam perkembangan dan geliat perekonomian didaerah Kabupaten Badung dengan kata lain bahwa penduduk Kabupaten Badung disamping mengandalkan Pariwisata Budaya dan sektor pertanian pengembangan Ekonomi kerakyatan tetap menjadi alternative lain untuk kesejahteraan dan penambahan pendapatan masyarakat setempat.


             Wakil Bupati Bdung I Made Sudiana menyampaikan “ target peningkatan produktifitas usaha dan wirausaha pengembangan ekonomi kerakyatan di Kabupaten Badung mengalami banyak peningkatan, secara geografis, mayoritas pertanian di Badung Tengah dan Badung Utara, merupakan sawah pertanian . selain menanam padi dan Palawija petani bisa menanam pandan harum yang merupakan bahan pokok pembuatan kembang rampe yang merupakan pelengkap sarana sesajen atau pelengkap pembuatan “ Canang” untuk upacara agam Hindu.
    Terbatasnya alat dan teknologi untuk pembuatan kembang rampe telah membuat pemerintah mencari inofasi baru dengan memberikan mesin pembuat kembang rampe kepada kelompok tani Banjar Aseman Desa Abiansemal Kec. Abiansemal Badung sebanyak 20 mesin, pada saat ini, keberhasilan peningkatan produktifitas kembang rampe di masyarakat yang mayoritas Hindu merupakan bagian kesatuan yang sangat penting . “Untuk itu, pemberian alat ini diharapkan mampu meningkatkan produktifitas yang selama ini dirasa kurang, guna mendukung kegiatan upaya khusus dalam pencapaian kreatvitas dan inovasi secara berkelajutan”, ucapnya.


            Wakil Bupati, juga berharap agar terciptanya Kesadaran masyarakat petani pengrajin Kembang rampai terhadap penggunaan alat ini secara baik sesuai dengan fungsinya agar dapat berproduksi secara maksimal . “Kedepan, para petani harus sudah mendapatkan hasil yang positif dan bermanfaat bagi kehidupan perekonomian di daerahnya .


          Lebih lanjut , Peran Kembang rampe yang merupakan bagian dari sarana pembuatan canang belakangan telah merambat telah menjadi bagian dari pelengkap untuk dekorasi di hotel-hotel “Untuk itulah, momen dan kesempatan produksi yang dihasilkan oleh pengrajin kembang rampe dengan keberadaan mesin ini tdapat memberikan peningkatan yang berarti bagi perkembangan ekonomi di Badung serta mewujudkan usaha kecil menengah dapat meningkatkan kesejahetaraan para petani penghasil kembang rampe di abiansemal dan Badung ” ungkapnya.


    Bagikan
...

TENTANG

Pemerintah Kabupaten Badung

Ini adalah website resmi Pemerintah Kabupaten Badung, Bali, Indonesia.

Alamat
Jl.Raya Sempidi, Mangupura, Badung, 80351 Bali.

Media Sosial

KONTAK KAMI

  • Jl.Raya Sempidi, Mangupura, Badung, Bali.

  • (0361) 9009333

  • setda@badungkab.go.id

  • www.badungkab.go.id

FACEBOOK