Informasi › Berita
  • Dari Rakor TPID Badung,Antisipasi Inflasi Jelang Hari Besar Keagamaan Sekda Badung, Harap Stabilisasi Pangan dan Inflasi Terkendali

    Admin

    Senin, 29 Juni 2015 01:00 WITA

    Dari Rakor TPID Badung,Antisipasi  Inflasi Jelang Hari Besar  Keagamaan Sekda Badung, Harap Stabilisasi Pangan dan Inflasi  Terkendali
    Foto : Dari Rakor Tpid Badung,antisipasi Inflasi Jelang Hari Besar Keagamaan Sekda Badung, Harap Stabilisasi Pangan Dan Inflasi Terkendali

           Pertumbuhan Ekonomi Kabupaten Badung yang bertumpu pada sektor kepariwisataan telah menempatkan posisi kabupaten badung pada posisi yang cukup membanggakan. " Walaupun demikian segenap jajaran lingkup pemkab badung diminta untuk terus melakukan upaya kongkrit serta melaksanakan aktion plan yang telah dirancang guna mengendalikan tingkat inflasi agar tetap stabil dan terkendali. " Kondisi tingkat harga yang stabil dan terkendali ini dinilai amat sangat berkorelasi dalam upaya mendukung perkembangan perekonomian daerah dan mensejahterakan masyarakat." demikian antara lain terungkap saat Rapat Koordinasi Tim Pengendalian Inflasi kabupaten Badung yang dipimpin langsung oleh Sekretaris Daerah kabupaten Badung Kompyang R. Swandika. Rabu (24/6) kemarin di Puspem Badung.

           Selain Sekda Badung Turut hadir pada Rakor TPID tersebut diantaranya Deputi Kepala Perwakilan Bank Indonesia Provinsi Bali Suarpika Bimantoro, Asisten Perekonomian dan Pembangunan Dewa Apramana, serta segenap anggota Tim pengendali Inflasi Pemkab Badung yang melibatkan SKPD terkait lingkup pemkab Badung diantaranya Dinas pertanian, Dinas Peternakan dan perindustrian dan perdagangan serta Kepala Kantor Satistik Badung Dw Suambara dan Kabag Ekonomi Dewa Joni Asta Brata.


           Ketua TPID yang juga Sekda Badung Kompyang Swandika menekankan pentingnya pengendalian inflasi serta stabilisasi ketersediaan bahan kebutuhan pokok masyarakat terlebih menjelang perayaan hari besar keagamaan. " menurutnya bahwa setiap menjelang hari besar keagaamaan seperti hari raya Idhul Fitri termasuk menjelang hari raya Galungan dan Kuningan dalam bulan juli mendatang ini tentu akan diikuti oleh kenaikan harga barang-barang terutama kebutuhan pokok masyarakat. dikatakannya bahwa untuk membangun optimisme masyarakat diinstruksikan agar dilakukan desiminasi
    informasi secara komprehensif dengan melibatkan SKPD lingkup pemkab Badung, hal ini dimaksudkan guna menyapa masyarakat dengan memberikan keyakinan dan rasa optimis masyarakat bahwa seluruh komuditi pangan tersedia dalam stok yang cukup. salah satu kebijakan nyata yang mesti dialkukan SKPD teknis diminta untuk emlakukan operasi pasar dengan melakukan pasar murah menjelang hari Raya." katanya.


            Sementara Deputy Kepala Perwakilan Bank Indonesia provinsi Bali Suarpika Bimantoro, menyampaikan apresiasi atas langkah proaktif pemkab badung dalam upaya pengedalian inflasi yang spektrumnya dinilai akan berimplikasi terhadap tingkat inflasi di provinsi Bali.
    Lebih lanjut Bimantoro mengatakan bahwa perkembangan tingkat inflasi di bali kondisinya membaik dengan posisi dibawah nasional, dimana trngkat inflasi nasional 0,5, dan tingkat inflasi di Bali 0,35 dan kondisi ini patut disyukuri. " salah satu upaya untuk membangun suasana psikologis masyarakat maka mesti dirancang startegi komunikasi dengan menyampaikan pesan pesan yang intinya meyakinkan kepada masyarakat bahwa stock dan persediaan kebutuihan pangan dan kebutuhan pokok tersedia dengan kondisi aman terkendali.


    Dibagianlainnya Kepala Kantor Statistik Kabupaten Badung Dw Suambara, mengatakan bahwa inflasi yang terjaga dengan stabil dimaksudkan bahwa kenaikan harga barang meskinya diikuti dengan daya beli masyarakat. menurutnya bahwa kondisi ini bermakna bahwa kenaikan harga bahan pokok kebutuhan disaat hari raya ini dikuti dengan kemampuan masyarakat terutama petani untuk menikmati kenaikan harga tersebut. oleh karenanya perlu dilakukan inventarisasi komoditas strategis yang sering mengalami kenaikan harga dengan memahami pola produkasi dan distribusi komoditas. " disinilah pentingnya dibangun suasana psikologis masyarakat dengan mengantisipasi peningkatan harga karena akibat meningkatnya demand, dengan pemantauan dan moniitoring harga dipasaran.
    Sementara Kadis peternakan dan perikanan kabupayten badung Ir Badra menjelaskan bahwa ketersediaan bahan pangan dibadung pada kondisi aman antara lain stock daging babi 493, 6 ton, Ayam Ras masih tersedia stock 332,2 ton , untuk stock daging sapi sekitar 1.052 ton, telor ayam ras 1.172 ton, dan komoditas ikan beku 632,8 ton dalam upaya memastikan komoditas ini layak dan aman dikonsumsi TPID disnak terus melakukan pemantauan dipasar untuk mengecek stock dan kualitas daging dan ikan , selain itu juga dilakukan disiminasi informasi setiap hari kamis. selanjutnya guna melindungi petani maka kenaikan harga agar dinaikmati petani perlu dukungan timbangan digital agar petani tidak dirugikan. " Jelasnya.


    Bagikan
...

TENTANG

Pemerintah Kabupaten Badung

Ini adalah website resmi Pemerintah Kabupaten Badung, Bali, Indonesia.

Alamat
Jl.Raya Sempidi, Mangupura, Badung, 80351 Bali.

Media Sosial

KONTAK KAMI

  • Jl.Raya Sempidi, Mangupura, Badung, Bali.

  • (0361) 9009333

  • setda@badungkab.go.id

  • www.badungkab.go.id

FACEBOOK