Informasi › Berita
  • Wabup. Sudiana Mepunia 10 Juta Hadiri Upacara Pitra lan Manusa Yadnya di Br. Umahanyar, Penarungan.

    Admin

    Senin, 29 Juni 2015 01:00 WITA

    Wabup. Sudiana Mepunia 10 Juta Hadiri Upacara Pitra lan Manusa Yadnya di Br. Umahanyar, Penarungan.
    Foto : Wabup. Sudiana Mepunia 10 Juta Hadiri Upacara Pitra Lan Manusa Yadnya Di Br. Umahanyar, Penarungan.

         Krama Banjar Adat Suka Duka Umahanyar, Desa Penarungan, Mengwi pada tgl 21 Juni 2015 mendatang akan melaksanakan Upacara Pitra lan Manusa Yadnya di Balai Banjar setempat. Serangkaian upacara tersebut, Wakil Bupati Badung I Made Sudiana, Jumat (19/6) kemarin hadir guna memberikan mendukung dan ikut mendoakan agar upacara berlangsung dengan baik dan lancar. Selain Wabup Sudiana, upacara tersebut juga dihadiri Anggota DPRD Badung I Wayan Suyasa, Sekcam Mengwi, Perbekel dan Bendesa adat Penarungan. Guna memotivasi swadaya krama, Wabup. Sudiana secara pribadi mepunia sebesar 10 juta dan DPRD Badung I Wayan Suyasa sebesar 5 juta.


         Prawartaka Karya Ketut Saba mengatakan, upacara pitra yadnya memukur sujah menjadi agenda rutin yang dilaksanakan 5 tahun sekali. Upacara memukur kali ini diikuti banyak 28 sawa dimana masing-masing sawa kena urunana sebesar 3 juta. Selain memukur juga dilaksanakan upacara metatah yang diikuti 53 orang dengan urunan masing-masing 1,5 juta, dan metelubulanan 63 orang, 1 juta per orang. Biaya yang dihabiskan untuk upacara ini diperkirakan sebesar 256 juta.


         Sementara Wabup. Sudiana menyampaikan rasa bahagia melihat krama Banjar Umahanyar telah bersatu untuk membangun dan melaksanakan upacara pitra dan manusa yadnya seperti ini. "Kami Pemerintah Kabupaten Badung sangat mengapresiasi dan mendukung semangat krama suka duka banjar Umahanyar yang telah berhasil secara bersama-sama melaksanakan upacara pitra dan manusa yadnya. Mudah-mudahan karya ini berjalan dengan baik dan dapat meringankan beban krama khususnya dalam hal biaya," jelasnya. Dalam kesempatan itu Wabup. Sudiana juga menakankan pentingnya rasa kebesamaan dan didasari hati yang suci, tulus iklas didalam melaksanakan sebuah yadnya. "Dengan didasari manah suci nirmala. Yadnya yang dilaksanakan akan dapat terlaksana dengan baik. Untuk itu mari kita tingkatkan rasa persatuan dan kesatuan, kebersamaan serta menyama braya, sagilik, saguluk, salunglung sabayantaka, " imbuhnya.


    Bagikan
...

TENTANG

Pemerintah Kabupaten Badung

Ini adalah website resmi Pemerintah Kabupaten Badung, Bali, Indonesia.

Alamat
Jl.Raya Sempidi, Mangupura, Badung, 80351 Bali.

Media Sosial

KONTAK KAMI

  • Jl.Raya Sempidi, Mangupura, Badung, Bali.

  • (0361) 9009333

  • setda@badungkab.go.id

  • www.badungkab.go.id

FACEBOOK