Informasi › Berita
  • Pemilihan AKUT Kabupaten Badung Tahun 2015.

    Admin

    Rabu, 20 Mei 2015 01:00 WITA

    Pemilihan AKUT Kabupaten Badung Tahun 2015.
    Foto : Pemilihan Akut Kabupaten Badung Tahun 2015.

         Terwujudnya pelayanan lalu lintas dan angkutan jalan yang aman, selamat, tertib dan lancar, Pemerintah Kabupaten Badung melalui Dinas Perhubungan, Komunikasi dan Informatika menggelar pembinaan dan pemilihan Awak Kendaraan Umum Teladan (AKUT) tahun 2015. Acara ini dibuka Bupati Badung diwakili Asisten Pemerintahan dan Kesra IB. Yoga Segara didampingi Wakil Ketua DPRD Badung I Made Sunarta bertempat di ruang Pertemuan Dinas Perhubungan, Komunikasi dan Informatika, Pusat Pemerintahan Mangupraja Mandala. Selasa (19/5).


                Bupati Badung dalam sambutannya yang dibacakan Asisten Pemerintahan dan Kesra IB. Yoga Segara menyampaikan, upaya untuk peningkatan keselamatan Lalu Lintas dan angkutan jalan tentunya bukan hanya tanggungjawab Pemerintah Kabupaten atau Provinsi ataupun Pusat, melainkan merupakan tanggungjawab bersama. Mengingat keselamatan lalu lintas menyangkut banyak Instansi dan banyak kepentingan maka dalam upaya tersebut diperlukan suatu koordinasi dari seluruh instansi yang terkait, sehingga penanganannya dapat dilaksanakan secara terpadu, efisien dan tepat sasaran.


                Lebih lanjut Yoga Segara membacakan, Pemerintah Kabupaten Badung bersama-sama dengan Pemerintah Provinsi dan Pemerintah Pusat berupaya memecahkan permasalahan kemacetan lalu lintas dengan meminimalisir permasalahan agar tidak berkembang ataupun hanya memindahkan permasalahan ke tempat lain. Image terhadap pencitraan angkutan umum yang pelayanannya tidak tepat waktu, kendaraan tidak laik pandang dan tidak nyaman, diupayakan akan diubah dengan pelayanan yang terjadwal, kendaraan yang baru dan nyaman dilengkapi dengan air conditioner (AC). Pengemudi pula tidak perlu kejar setoran yang dapat membahayakan dirinya beserta penumpang dan pengguna jalan lainnya.


                Kadis Perhubungan, Informasi dan Telematika I Wayan Weda Dharmaja melaporkan, maksud pembinaan dan pemilihan AKUT adalah untuk mendudukan insan kendaraan umum sejajar dengan insan pembangunan lainnya dengan cara meningkatkan motivasi melalui pemberian penghargaan terhadap profesinya. Pemilihan AKUT di Kabupaten Badung juga dimaksudkan sebagai sosialisasi peningkatan keselamatan lalu lintas jalan yang berskala Nasional melalui pembinaan kepada para pengemudi angkutan umum. Dengan berlakunya UU no.22 tahun 2009 tentang Lalu Lintas dan angkutan jalan, penyelenggaraan AKUT dimaksudkan untuk membangun dan mewujudkan budaya keamanan dan keselamatan lalu lintas jalan sebagai wujud aktualisasi dari Undang-undang tersebut.


         Sedangkan tujuannya diharapkan dapat mengubah pola pikir dan sudut pandang tentang diri dan profesinya sebagai awak kendaraan angkutan umum sehingga mendorong dirinya untuk lebih percaya diri dan merasa dihargai, dengan demikian dapat meningkatkan kesadaran akan pentingnya keselamatan diri, penumpang dan pemakai jalan lainnya. Diharapkan dapat merubah sikap dan prilaku pengemudi menjadi lebih disiplin dan bertanggungjawab sekaligus mempersiapkan awak kendaraan umum yang profesional dan berkualitas sehingga mewujudkan pelayanan jasa angkutan umum yang lebih baik. Untuk mendorong terwujudnya penurunan jumlah pelanggaran Lalu Lintas, kejadian kecelakaan dan tingkat fatalitas akibat kecelakaan terutama yang disebabkan oleh faktor pengemudi. Untuk mewujudkan peran serta masyarakat dalam memberikan penilaian yang positif terhadap prilaku untuk kerja awak kendaraan umum. Untuk mendorong peningkatan kualitas dan kompetesi angkutan umum dalam profesi yang dijalaninya. Mendorong para stakeholder yang terkait dengan upaya peningkatan keselamatan di jalan untuk selalu aktif berkoordinasi dan menghasilkan out put yang langsung dirasakan oleh Bangsa dan Negara.


    Bagikan
...

TENTANG

Pemerintah Kabupaten Badung

Ini adalah website resmi Pemerintah Kabupaten Badung, Bali, Indonesia.

Alamat
Jl.Raya Sempidi, Mangupura, Badung, 80351 Bali.

Media Sosial

KONTAK KAMI

  • Jl.Raya Sempidi, Mangupura, Badung, Bali.

  • (0361) 9009333

  • setda@badungkab.go.id

  • www.badungkab.go.id

FACEBOOK