Informasi › Berita
  • Meriahkan Hut Kodam ke 58, Badung siapkan 500 penari Sekar Jepun Bupati Gde Agung : Badung Siap Dukung Hiburan Rakyat, Libatkan 72 sekolah Se-Badung

    Admin

    Rabu, 20 Mei 2015 01:00 WITA

    Meriahkan Hut Kodam ke 58, Badung siapkan 500 penari  Sekar Jepun Bupati  Gde Agung :  Badung Siap Dukung Hiburan Rakyat,  Libatkan 72 sekolah Se-Badung
    Foto : Meriahkan Hut Kodam Ke 58, Badung Siapkan 500 Penari Sekar Jepun Bupati Gde Agung : Badung Siap Dukung Hiburan Rakyat, Libatkan 72 Sekolah Se-badung

         Guna mendukung suksesnya pagelaran Hiburan Rakyat serangkaian Peringatan HUT ke 58 Kodam IX/ Udayana yang akan dipusatkan dilapangan Puputan Renon Denpasar 27/5 mendatang Pemkab Badung siap memberikan dukungan penuh dengan menyiapkan setidaknya 500 penari Sekar jepun yang akan tergabung dalam pementasan kolosal Tarian Sekar Jepun, Tarian Garuda Wisnu Kencana, Tarian Gajah Mada yang disiapkan oleh Pemkab Gianyar serta Tarian Serbu teritorial yang akan dibawakan oleh para prajurit TNI dan Polri. Demikian antara lain terungkap saat Rapat koordinasi persiapan HUT Kodam, Selasa 19/5 kemarin di Ruang Rapat Bupati Badung di Mangupura. Selain dihadiri langsung oleh Bupati Badung Anak Agung Gde Agung, Sekda Badung Kompyang R Swandika, turut hadir kepala Ajendam IX/Udayana Kolonel Caj Eko Waluyo Setyantoro, didampingi Dandim 1611 Badung Letkol Inf Teddy Arifiyanto, Pasiter kodim 1611 Badung Kapten Inf I Made Mustika. sementara dari jajaran instansi teknis terkait juga tampak hadir Kadis Kebudayaan Badung Ida bagus Anom Basma, Kabag Humas Anak Agung Gde Raka Yuda, Kabag Umum Nyoman Suardana, kabag Aset I wayan Puja dan Kadis pendidikan Ketut Widya Astika yang didamping sejumlah kepala sekolah SMP, SMA dan SMK serta penata Tari yang Juga ketua himpunan seniman Badung DR. I Nyoman Catra.


                Bupati Badung Anak Agung Gde Agung menjelaskan bahwa Pemkab badung sangat mendukung pementasan Tarian kolaborasi yang diinisiasi oleh Bapak Panglima pada acara puncak peringatan Hut Kodam ke 58 yang akan dilaksanakan di lapanagan puputan renon denpasar 27/5 mendatang.


                Gde Agung mengungkapkan bahwa pada pementasan tarian kolaborasi nanti Badung telah menyiapkan penari sekar Jepun sebanyak 500 hingga 625 penari dengan melibatkan 72 sekolah dari siswa SMP, SMA dan SMK sebadung mulai dari Kecamatan Paling utara yakni Petang hingga diujung selatanan yakni kecamatan Kuta Selatan.


         Lebih Lanjut Gde Agung mengatakan bahwa Tarian Sekar Jepun yang merupakan tarian maskot kabupaten Badung ini ditarikan dengan jumlah penari dengan kelipatan 5 dengan durasi Tarian selama 7 menit. Tarian ini bahkan sudah sangat sering dipentaskan secara kolosal ketika puncak peringatan HUT Ibu Kota Badung Mangupura dengan 900 penari serta pada berbagai event pertemuan dan konprensi internasional termasuk pada saat konprensi APEC tahun 2013 lalu.


                Sementara Kaajendam IX /Udayana Kolonel Caj Eko Waluyo Setyantoro, dalam paparannya mengungkapkan bahwa peringatan HUT Kodam ke 58 tahun ini yang puncaknya pada tanggal 27 mei ayng pelaksanaannya akan dipusatkan di lapangan Puputan Renon Denpasar akan diisi sejumlah pagelaran Hiburan Rakyat dengan melibatkan seluruh komponen masyarakat para seniman termasuk Pemkab Badung dan pemkab Gianyar serta seluruh kesatuan Baik TNI, POLRI Angkatan Udara dan angkatan Laut serta masyarakat secara luas. Eko Waluyo juga menjelaskan bahwa pada pamentasan Tarian kolosal yang melibatkan sekitar 1650 penari ini akan diawali dengan bunyi seperti trompet sangkala kemudian dimulai dengan tarian Maskot kabupaten Badung Tarian Sekar Jepun sekitar 500 penari, kemudian dilanjutkan dengan 550 penari Garuda Wisnu Kencana dan Gajah Mada dari Kabupaten Gianyar serta 600 orang penari Serbu teritorial dengan lama durasi pementasan sekitar 27 menit. " mengingat pagelaran ini melibatkan banyak penari yakni sekitar 1650 penari maka akan dialkukan gladi bersama nanti dari tanggal 24 hingga 26 Mei Tahun 2015." Eko waluyo juga menambahkan bahwa usai pagelaran hiburan rakyat akan dilanjutkan pembukaan pasar murah yang diperuntukkan bagi masyarakat umum yang merupakan wujud kemanunggalan TNI dengan rakyat imbuhnya.


    Bagikan
...

TENTANG

Pemerintah Kabupaten Badung

Ini adalah website resmi Pemerintah Kabupaten Badung, Bali, Indonesia.

Alamat
Jl.Raya Sempidi, Mangupura, Badung, 80351 Bali.

Media Sosial

KONTAK KAMI

  • Jl.Raya Sempidi, Mangupura, Badung, Bali.

  • (0361) 9009333

  • setda@badungkab.go.id

  • www.badungkab.go.id

FACEBOOK