Informasi › Berita
  • Bupati Gde Agung Resmikan Bendungan Pangsut Sari Buat Sawah 100 Ha, Krama Subak Siap Tanam Padi Organik

    Admin

    Senin, 23 Februari 2015 01:00 WITA

    Bupati Gde Agung Resmikan Bendungan Pangsut Sari Buat Sawah 100 Ha, Krama Subak Siap Tanam Padi Organik
    Foto : Bupati Gde Agung Resmikan Bendungan Pangsut Sari Buat Sawah 100 Ha, Krama Subak Siap Tanam Padi Organik

         Pemerintah Kabupaten Badung sangat komit meningkatkan sektor pertanian. Dalam upaya meningkatkan ketahanan pangan, Badung telah melakukan berbagai inovasi program. Salah satu wujud nyata keberpihakan Pemkab Badung kepada petani yaitu dengan telah dibangunnya terowongan dan Bendungan Pangsut Sari, Desa Belok/Sidan, Kec. Petang melalui dana APBD dan swadaya krama subak.


          Rampungnya pembangunan bendungan yang mengambil sumber air dari Tukad Bangkung tersebut, Rabu (18/2) bertepatan tilem keulu, diupacarai dengan upacara melaspas lan mendem pedagingan. Bupati Badung A.A. Gde Agung berkesempatan hadir dan mengikuti prosesi mendem pedagingan di pelinggih dan di bendungan. Beliau bersama Pemangku Gede Pucak Mangu, Jero Gede Batur Agengan dan Jero Gede Batur Alitan juga melakukan pekelem dengan sarana itik dan ayam hitam. Upacara tersebut juga dihadiri Kadispenda dan Pesedahan Agung Badung I Wayan Adi Arnawa, Kadis Bina Marga dan Pengairan IB Surya Suamba, Kadis Pertanian, Perkebunan dan Kehutanan IGAK Sudaratmaja, Camat Petang, serta krama subak Pangsut Sari, Banjar Sidan, Petang. Bupati juga meresmikan bendungan pangsut sari ditandai dengan penandatangan prasasti, sekaligus mengukuhkan Subak Pangsut Sari dengan keputusan Bupati Badung No. 491/02/HK/2015.


          Bupati Gde Agung merasa bangga khususnya kepada krama subak pangsut sari yang memiliki rasa "jengah" sehingga berhasil menyulap areal pekebunan menjadi persawahan seluas 100 Ha. Dengan swadaya krama subak dan dukungan dari Pemkab. Badung, krama subak telah berhasil mewujudkan terowongan air sepanjang 8 km dan bendungan yang cukup besar. Atas semangat jengah krama tersebut, mulai tahun 2010 hingga 2014 Pemkab Badung telah menggelontor dana melalui Dinas Bina Marga dan Pengairan sebesar Rp.2,1 M lebih. Sementara pembangunan bendungan dibantu dari APBD 2014 sebesar Rp. 2,5 M lebih dan pembuatan saluran irigasi primer sepanjang 922,5 meter dengan dana Rp. 1,5 M lebih. Upaya yang dilakukan Pemkab Badung ini sebagai salah satu bentuk perhatian kepada krama subak serta mengantisipasi terjadinya alih fungsi lahan pertanian.


          Sementara Pekaseh Subak Pangsut Sari I Wayan Badung menyampaikan terima kasih kepada Pemerintah Kabupaten Badung yang telah memberikan perhatian besar bagi pertanian khususnya krama subak pangsut sari. Alih fungsi dari perkebunan ke lahan sawah ini didasari atas kebutuhan akan pangan khususnya beras bagi krama subak dan masyarakat. Untuk itu krama subak yang waktu itu berjumlah 20 orang membuka sawah dengan mencari sumber air yang ada. Dari pengolahan sawah tersebut hasilnya sangat bagus, sehingga krama lainnya ikut membuka sawah baru dan sekarang krama subak sudah bertambah menjadi 60 orang. Dengan rasa jengah mulai 2010 krama subak dengan swadaya krama dan mohon bantuan dari Pemerintah Kabupaten Badung sehingga berhasil membangun terowongan, pura subak dan bendungan yang diupacarai sekarang. Ditambahkan, hingga saat ini krama telah berhasil membuka lahan sawah seluas 5 Ha dan akan berlanjut sehingga terbuka sawah seluas 100 Ha. Krama juga telah siap untuk bercocok tanam padi organik. "Kami krama subak pangsut sari siap menanam padi organik, untuk itu kami harapkan Dinas Pertanian untuk memberikan pembinaan kepada krama subak serta bantuan jalan usaha tani. Selain itu kepada Dispenda agar membantu untuk pembangunan balai subak dan Bina Marga kami harapkan juga membantu dalam hal pemeliharaan bendungan, saluran irigasi dan terowongan," pintanya.

     


    Bagikan
...

TENTANG

Pemerintah Kabupaten Badung

Ini adalah website resmi Pemerintah Kabupaten Badung, Bali, Indonesia.

Alamat
Jl.Raya Sempidi, Mangupura, Badung, 80351 Bali.

Media Sosial

KONTAK KAMI

  • Jl.Raya Sempidi, Mangupura, Badung, Bali.

  • (0361) 9009333

  • setda@badungkab.go.id

  • www.badungkab.go.id

FACEBOOK