Informasi › Berita
  • Musrenbang RKPD Kecamatan Abiansemal Suambara : Tahun 2016, Badung Prioritaskan Pemberdayaan Masyarakat

    Admin

    Jumat, 6 Februari 2015 01:00 WITA

    Musrenbang RKPD Kecamatan Abiansemal Suambara : Tahun 2016, Badung Prioritaskan Pemberdayaan Masyarakat
    Foto : Musrenbang Rkpd Kecamatan Abiansemal Suambara : Tahun 2016, Badung Prioritaskan Pemberdayaan Masyarakat

         Pada tahun 2016 mendatang, Pemerintah Kabupaten Badung akan melaksanakan program-program yang lebih memprioritaskan pada pemberdayaan masyarakat. Hal ini dilakukan mengingat sektor-sektor dasar seperti pendidikan, kesehatan sudah dapat berjalan dengan baik. "Hingga tahun ini, kami lihat sektor-sektor dasar di Badung sudah berjalan dengan baik, untuk itu di tahun 2016 lebih meningkatkan pemberdayaan, inovasi dan kreativitas masyarakat sehingga masyarakat lebih mandiri," kata Kepala Bappeda dan Litbang Kabupaten Badung I Wayan Suambara saat membuka Musyawarah Rencana Pembangunan (Musrenbang) Rencana Kerja Pembangunan Daerah (RKPD) Kecamatan Abiansemal, Kamis (5/2) kemarin di Kantor Camat Abiansemal.
    Lebih lanjut Suambara mengungkapkan, untuk mewujudkan pemberdayaan dan kemandirian masyarakat tersebut, mulai tahun 2015 bantuan untuk desa akan lebih ditingkatkan. Diharapkan dengan gelontoran dana yang cukup besar ke desa, dari waktu ke waktu akan terbentuk kemandirian di masyarakat. "Kemandirian ini maknanya bukan Pemerintah melepas, namun kita ingin ada kekuatan yang datangnya dari desa itu sendiri tanpa menggantungkan diri kepada pihak lain," ujarnya. Suambara yakin bahwa kemandirian desa itu disa dilakukan, karena desa memiliki potensi-potensi yang begitu besar seperti industri kecil, jasa maupun wisata alam. Beliau juga mengapresiasi anggota Dewan Badung yang sungguh-sungguh berkomitmen membangun wilayahnya.


         Suambara menerangkan bahwa tema dan prioritas pembangunan daerah Tahun 2016 yakni "Memantapkan Tata Kelola Pemerintahan dan Kemandirian Masyarakat Untuk Memperkuat Daya Saing Daerah". Untuk mendukung tema tersebut, Bupati Badung telah mengambil kebijakan guna menselaraskan pengalokasian anggaran. Melalui kebijakan tersebut, mulai tahun 2015 ini dana yang turun ke desa akan semakin besar, sehingga proposal-proposal dari masyarakat tidak lagi ditujukan ke Bupati, hanya cukup ke Perbekel. "Dana bantuan desa adat, subak dan banjar adat juga akan turunnya dari perbekel," jelasnya. Khusus bantuan untuk desa adat tahun 2015 telah dikonsep dari sebesar 175 juta menjadi 200 juta. Bantuan Subak dari 35 juta menjadi 50 juta dan bantuan banjar adat dari 15 juta menjadi 25 juta. "Begitu besarnya dana yang dikelola oleh desa, sehingga diperlukan kehati-hatian dari Perbekel dalam pemanfaatannya," tegasnya.


          Sementara itu Camat Abiansemal I Putu Ngurah Thomas Yuniarta melaporkan, musrenbang kecamatan dibagi kedalam empat kelompok yakni kelompok ekonomi, sarana prasarana wilayah, kesejahteraan sosial dan umum. Empat kelompok tersebut terdiri dari sembilan rancangan prioritas pembangunan daerah tahun 2016 meliputi peningkatan akuntabilitas dan transparansi tata kelola pemerintahan serta pelayanan publik 84 usulan dengan nilai 10,5 M lebih, Pengembangan kualitas layanan pendidikan dan teknologi informasi 94 usulan, nilai 30,8 M lebih, perluasan akses layanan kesehatan 46 usulan, nilai 7,9 M lebih, pemantapan kemandirian ekonomi kerakyatan 8 usulan, nilai 2,2 M lebih. Pemantapan ketahanan pangan dan produktivitas hasil pertanian 180 usulan, nilai 55,3 M lebih, peningkatan infrastruktur dasar pemukiman dan pengelolaan lingkungan hidup 243 usulan, nilai 151,3 M lebih, pengembangan pariwisata berbasis masyarakat 16 usulan, nilai 1,4 M lebih, penanganan kebencanaan terpadu serta peningkatan Kamtibmas 1 usulan, nilai 30 juta, perluasan perlindungan sosial dan pengarusutamaan gender 13 usulan, nilai 8,1 M lebih. "Jumlah usulan dalam Musrenbang Abiansemal sebanyak 685 usulan dengan total nilai Rp. 262,7 M lebih," jelasnya.


        Hadir dalam musrenbang RKPD Kec Abiansemal tersebut anggota DPRD Badung asal Abiansemal, Ketua TP PKK Badung Ny. Ratna Gde Agung yang juga selaku Ketua Dekranasda Badung, Wakil Ketua TP PKK Badung Ny. Made Sudiana, Kepala SKPD, Muspika Kecamatan, serta Perbekel, BPD dan LPM se-Kec. Abiansemal.


    Bagikan
...

TENTANG

Pemerintah Kabupaten Badung

Ini adalah website resmi Pemerintah Kabupaten Badung, Bali, Indonesia.

Alamat
Jl.Raya Sempidi, Mangupura, Badung, 80351 Bali.

Media Sosial

KONTAK KAMI

  • Jl.Raya Sempidi, Mangupura, Badung, Bali.

  • (0361) 9009333

  • setda@badungkab.go.id

  • www.badungkab.go.id

FACEBOOK