Informasi › Berita
  • Wabup. Sudiana Mendem Pedagingan di Pura Dalem Jempeng

    Admin

    Jumat, 9 Januari 2015 01:00 WITA

    Wabup. Sudiana Mendem Pedagingan di Pura Dalem Jempeng
    Foto : Wabup. Sudiana Mendem Pedagingan Di Pura Dalem Jempeng

         Wakil Bupati Badung I Made Sudiana, Selasa (6/1) kemarin menghadiri Karya Mecaru, Melaspas lan Mendem Pedagingan di Pura Dalem, Desa Adat Jempeng, Desa Taman, Kec. Abiansemal. Pada kesempatan itu Wabup. Sudiana mendem pedagingan di dua pelinggih dan dilanjutkan persembahyangan bersama. Sebagai bentuk dukungan kepada krama Desa Adat Jempeng, Wabup Sudiana menyerahkan dana punia sebesar Rp. 25 juta. Upacara tersebut juga dihadiri Anggota DPRD Badung asal Jempeng I Nyoman Dirgayusa, anggota DPR RI Wayan Koster, Camat Abiansemal beserta Tripika Kecamatan serta prajuru desa setempat. Anggota DPRD Nyoman Dirgayusa juga mepunia Rp.25 juta dan Wayan Koster secara pribadi mepunia Rp. 5 juta.


          Menurut Manggala Karya I Ketut Sukantha, Karya pecaruan, melaspas lan mendem pedagingan yang dipuput Ida Pandita Sri Mpu Nabe Siptra Gria Agung Bongkasa dan Ida Pandita Mpu Gria Blahbatuh ini merupakan rangkaian dari Puncak Karya pujawali di Pura Dalem Agung dan Pura Dalem Alit yang dilaksanakan pada Buda Umanis Medangsia, Rabu (7/1) ini. Karya tersebut dilaksanakan didasari atas rampungnya pemugaran pelinggih dan bangunan pura. Di Pura Dalem Agung diperbaiki pelinggih padmasana, ratu ngurah, taksu, gedong, gedong kembar, gedong pelik, pelinggih apit lawang, paruman saka 12, panggungan, bale peselang, bale pemendak agung, bale pesandekan, bale gong dan penyengker. Sementara di Pura Dalem Alit dibangun pelinggih padmasana, pelinggih gedong dan bale paruman. "Seluruh pelinggih di Pura Dalem dan Pura Dalem Alit telah dilakukan perbaikan yang dimulai sejak tahun 2013 lalu. Biaya perbaikan mencapai 1,4 M, sementara biaya upakara sebesar Rp. 50 juta," jelasnya. Ditambahkan, sumber dana pembangunan bersumber dari kas desa adat 1 M lebih, peturunan krama 55,9 juta, dana punia masyarakat 36 juta lebih. Pura Dalem Jempeng kaempon 2 Banjar adat yakni Banjar Adat Jempeng dan Banjar Adat, Jempeng Kauh dengan 74 krama pengarep, 284 krama penyade dengan jumlah penduduk sebanyak 1075 jiwa.


          Wabup. Sudiana pada kesempatan itu menyampaikan apresiasi atas semangat krama Desa Adat Jempeng yang telah berhasil melaksanakan pembangunan pura dalem sekaligus upacara. Ini membuktikan bahwa para tokoh, prajuru dan krama sudah sangat kompak untuk membangun desa adat dengan semangat kebersamaan dan gotong royong. Wabup. Sudiana mengatakan, berkembangnya pariwisata di Bali dan Badung khususnya sumbernya dari adat dan budaya yang ada di Desa Adat itu sendiri. Untuk itu Beliau mengharapkan krama Badung untuk tetap mengajegkan dresta yang ada di masing-masing desa sebagai upaya melestarikan seni, adat dan budaya yang menjadi akar pariwisata budaya di Bali. Terkait dengan upakara, Wabup. Sudiana juga menyampaikan dukungan kepada krama bahwa yadnya harus didasari hati yang suci dan tulus iklas. Dengan dasar iklas tersebut niscaya apa yang menjadi tujuan bersama akan dikabulkan oleh Beliau sebagai penguasa alam semesta.


    Bagikan
...

TENTANG

Pemerintah Kabupaten Badung

Ini adalah website resmi Pemerintah Kabupaten Badung, Bali, Indonesia.

Alamat
Jl.Raya Sempidi, Mangupura, Badung, 80351 Bali.

Media Sosial

KONTAK KAMI

  • Jl.Raya Sempidi, Mangupura, Badung, Bali.

  • (0361) 9009333

  • setda@badungkab.go.id

  • www.badungkab.go.id

FACEBOOK