Informasi › Berita
  • Badung Peringati Hari Disabilitas Internasional (HDI) 2014

    Admin

    Jumat, 12 Desember 2014 01:00 WITA

    Badung Peringati Hari Disabilitas Internasional (HDI) 2014
    Foto : Badung Peringati Hari Disabilitas Internasional (hdi) 2014

    Penyandang disabilitas adalah sumber daya manusia yang diharapkan dapat berpartisipasi aktif dalam mengisi pembangunan. Hal ini menunjukkan bahwa keterbatasan kemampuan bukanlah penghalang bagi seseorang untuk berpartisipasi dalam berbagai aspek kehidupan. Demikian sambutan Bupati badung yang disampaikan Kadis Sosial dan Tenaga Kerja Badung Ida Bagus Oka Dirga pada Peringatan Hari Disabilitas Internasional, Selasa (9/12) di Wantilan DPRD Badung, Puspem Badung. Hadir dalam kesempatan tersebut anggota DPRD Badung I Made Reta serta SKPD terkait.


    Lebih lanjut disampaikan keterbatasan kemampuan yang dimiliki oleh para penyandang disabilitas dapat menyebabkan mereka mengalami dampak aspek psikologis maupun sosial. Pemerintah Kabupaten Badung dan semua pihak swasta maupun lembaga organisasi sisoal turut peduli atas keberadaan para penyandang disabilitas agar dapat memberikan peluang untuk berkreatifitas dan mengembangkan bakatnya serta ikut berinovasi dalam kegiatan sosial didalam keluarga maupun di masyarakat. Dengan mengangkat tema “Pembangunan berkelanjutan melalui aksesibilitasi rekayasa teknologi inovatif” mengandung arti ajakan bagi semua pihak mulai dari instansi terkait, korpri, organisasi sosial atau LSM, dunia usaha melalui Corporate Social Responsibility (CSR) dan masyarakat serta generasi muda agar selalu memperhatikan para penyandang disabilitas, hendaknya memberikan kesempatan yang sama dalam segala aspek kehidupan dan penghidupan sehingga melalui peringatan ini diharapkan dapat menghilangkan hambatan guna mewujudkan masyarakat inklusi untuk menyongsong kehidupan para penyandang disabilitas yang lebih baik. “Pembinaan secara aktif harus tetap dilakukan oleh semua pihak melalui koordinasi yang intensif dimana pembinaan tersebut dapat berupa pemeriksaan kesehatan, melakukan observasi dengan alat bantu kecacatan, pemberian makanan tambahan yang bergizi dan melaksanakan ketrampilan yang bermanfaat bagi para penyandang disabilitas,” tambahnya.


    Ketua Panitia I Gede Suwarcita melaporkan, kegiatan Unit Pelayanan Sosial Keliling (UPSK) serangkaian kegiatan ini meliputi deteksi dini permasalahan dan kebutuhan orang dengan disabilitas, pemberian konsultasi bimbingan dan motivasi, pelayanan fisioterapi untuk otot dan tulang, pelayanan psikologis, pemberian dan pembelajaran penggunaan alat bantu, pemberian rekomendasi/rujukan, kunjungan ke rumah, studi kasus oleh tim UPSK, mengadakan pemeriksaan kesehatan gratis, dan mengadakan pameran hasil produksi alat kesehatan dan kerajinan tangan dari penyandang disabilitas.
    Diakhir acara diserahkan bantuan kepada penyandang disabilitas berupa kursi roda sebanyak 30 buah, tongkat ketiak 10 pasang, alat bantu dengar 15 buah, brace 7 buah, Canadian 5 buah, tripod 5 buah dan wollker 5 buah.


    Bagikan
...

TENTANG

Pemerintah Kabupaten Badung

Ini adalah website resmi Pemerintah Kabupaten Badung, Bali, Indonesia.

Alamat
Jl.Raya Sempidi, Mangupura, Badung, 80351 Bali.

Media Sosial

KONTAK KAMI

  • Jl.Raya Sempidi, Mangupura, Badung, Bali.

  • (0361) 9009333

  • setda@badungkab.go.id

  • www.badungkab.go.id

FACEBOOK