Informasi › Berita
  • Badung Kukuhkan SAKA Kalpataru Bentuk Generasi Muda Peduli Lingkungan

    Admin

    Jumat, 12 Desember 2014 01:00 WITA

    Badung Kukuhkan SAKA Kalpataru Bentuk Generasi Muda Peduli Lingkungan
    Foto : Badung Kukuhkan Saka Kalpataru Bentuk Generasi Muda Peduli Lingkungan

    Badan Lingkungan Hidup (BLH) Kabupaten Badung mengukuhkan Pengurus Satuan Karya Kalpataru Gerakan Pramuka Kwartir Cabang Badung, di Puspem Badung, Selasa (9/12). Pengukuhan dilakukan oleh Kadis Pendidikan Pemuda dan Olahraga Badung I Ketut Widia Astika selaku Plh. Ketua Gerakan Pramuka Kwartir Cabang Badung. Acara tersebut dihadiri Kepala BLH I Ketut Sudarsana selaku Ketua Majelis Pembimbing Gerakan Pramuka Satuan Karya Kalpataru serta SKPD terkait.


    Ketua Majelis Pembimbing Gerakan Pramuka Satuan Karya Kalpataru I Ketut Sudarsana mengatakan pembentukan Satuan Karya Kalpataru ini sebagai tindaklanjut dari salah satu kebijakan Kementerian Lingkungan Hidup RI yang merupakan hasil kerjasama pembangunan Kementerian LH dengan Kwartir Nasional Gerakan Pramuka. “Satuan Karya Pramuka (SAKA) Kalpataru merupakan merupakan satu diantara tiga saka tingkat nasional yang baru. Dimana pendiriannya merupakan amanat dari musyawarah nasional gerakan pramuka di Kupang Nusa Tenggara Timur, melalui surat keputusan musyawarah nasional gerakan pramuka nomor : 13/Munas/2013 pada tanggal 5 desember 2013,” jelasnya. Saka Kalpataru ini dibentuk dengan tujuan untuk mengutamakan dan mengangkat isu lingkungan dalam gerakan peramuka, diantaranya terkait isu pengelolaan sampah, perubahan iklim dan konservasi keanekaragaman hayati sekaligus untuk membentuk generasi muda yang ramah dan peduli pada lingkungan hudup. “Sesuai motto lingkungan hidup Kabupaten Badung, yaitu : We Care, We Do And We Save The Environment yang berati kita peduli, kita bekerja dan kita lestarikan lingkungan, maka program dan kegiatan ini merupakan gerakan yang sejalan dengan upaya pelestarian lingkungan hidup,” tambahnya.


    Sementara Plh. Ketua Gerakan Pramuka Kwartir Cabang Badung I Ketut Widia Astika mengatakan, dengan dikukuhkanya pimpinan Saka kalpataru di Kabupaten Badung yang berpangkalan di Badan Lingkungan Hidup, hal ini telah menunjukan kordinasi intansi terkait telah berjalan dengan baik, sehingga dewasa ini telah terbentuk beberapa satuan karya di Badung sebagai wadah pembinaan dan keterampilan hidup. Sehingga diharapkan nantinya mampu melaksanakan pengabdian di masyarakat sesuai dengan bidang kejuruan yang diperolehnya satuan karya yang diminat oleh setiap anggota gerakan pramuka dari berbagai gugus depan di Kabupaten Badung. “Kedudukan satuan karya tersebut berada di tingkat cabang, adalah sangat efektif untuk mengkodinasikan kegiatan-kegiatannya dengan gugus depan-gugus depan yang ada di Kabupaten Badung. Sehingga dapat meningkatkan pembinaan dan pengembangan saka itu sendiri, karena secara umum tugas dan tanggung jawab pimpinan saka tingkan cabang adalah melaksanakan program kegiatan saka yang telah ditentukan sesuai petunjuk teknis dari pimpinan saka serta mengadakan hubungan dengan intansi yang ada kaitanya dengan saka yang bersangkutan,” imbuhnya.


    Bagikan
...

TENTANG

Pemerintah Kabupaten Badung

Ini adalah website resmi Pemerintah Kabupaten Badung, Bali, Indonesia.

Alamat
Jl.Raya Sempidi, Mangupura, Badung, 80351 Bali.

Media Sosial

KONTAK KAMI

  • Jl.Raya Sempidi, Mangupura, Badung, Bali.

  • (0361) 9009333

  • setda@badungkab.go.id

  • www.badungkab.go.id

FACEBOOK