Informasi › Berita
  • Badung Gelar Tawur Agung danMapekelem Marisuda Bumi di Pura Geger

    Admin

    Senin, 24 November 2014 01:00 WITA

    Badung Gelar Tawur Agung danMapekelem Marisuda Bumi di Pura Geger
    Foto : Badung Gelar Tawur Agung Danmapekelem Marisuda Bumi Di Pura Geger

        Pemerintah Kabupaten Badungkembali menggelar upacara tawur agung dan mapekelem marisuda bumi di PuraGeger, Desa Adat Peminge, Kuta Selatan bertepatan dengan tilem kelima, Jumat(21/11) lalu. Upacara yang rutin dilaksanakan setiap tahun ini bertujuan untukmemohon kerahayuan dan keharmonisan alam. Upacara tersebut dihadiri WakilBupati Badung I Made Sudiana, Ketua PHDI Badung I Nyoman Sukada, KadisKebudayaan I B Anom Bhasma, Kadis Pertanian dan Perkebunan dan Kehutanan IGAKSudaratmaja, Kadis Kependudukan dan Capil I Nyoman Soka, Camat Kuta Selatan danPengempon Pura setempat.


         Upacara Tawur Agung dipuputoleh Tri Sadaka yaitu Ida Pedanda Gede Pemaron Mandara Griya KusumayatiYangbatu, Ida Pedanda Buda Griya Jadi Kediri Tabanan dan Jero Gede SengguhaTemburu Wasa Jeroan Gede Br. Lambing, Kibang Kaja. Sedangkan upacara di Puradipuput Ida Pedanda Griya Magelung Sangeh.


         Pada kesempatan tersebut,Kadis Kebudayaan Badung I B Anom Bhasma mengatakan, upacara ini rutindilaksanakan setiap tahun yaitu bertepatan dengan tilem kelima. Upacara tawurini mengunakan sarana binatang seperti kerbau, sapi, kambing, angsa dan babi.Sedangkan mepekelem di Segara menggunakan sarana kerbau, kambing selem, angsa,bebek putih dan ayam. Mengenai biaya yang dihabiskan untuk upacara ini sebesarRp 150 juta yang dianggarkan dari APBD Badung.


         Sementara itu Ketua PHDIBadung I Nyoman Sukada mengatakan tujuan dilaksanakannya upacara ini yaitu gunamemohon kerahayuan buana agung dan buana alit, memohon kesejahteraan bagi seluruhumat. Upacara pekelem bermakna memohon keharmonisan alam beserta isinya.


         Upacara tawur diakhiri denganpersembahyangan bersama dan dilanjutkan pekelem ke tengah laut oleh WakilBupati Badung I Made Sudiana.


    Bagikan
...

TENTANG

Pemerintah Kabupaten Badung

Ini adalah website resmi Pemerintah Kabupaten Badung, Bali, Indonesia.

Alamat
Jl.Raya Sempidi, Mangupura, Badung, 80351 Bali.

Media Sosial

KONTAK KAMI

  • Jl.Raya Sempidi, Mangupura, Badung, Bali.

  • (0361) 9009333

  • setda@badungkab.go.id

  • www.badungkab.go.id

FACEBOOK