Informasi › Berita
  • Pujawali di Pura Taman Ayun

    Admin

    Rabu, 11 Juni 2014 01:00 WITA

    Pujawali di Pura Taman Ayun
    Foto : Pujawali Di Pura Taman Ayun
    Pujawali Ida Bhatara Pura Taman Ayun, Mengwi dilaksanakan pada Selasa, (8/6) lalu. Pujawali yang dipuput Ida Pedanda Gria Sideman Gulingan tersebut dihadiri ribuan pemedek untuk melakukan sembah bhakti. Selain pemedek, rangkaian upacara pujawali juga dihadiri Bupati Badung yang juga Penglingsir Puri Ageng Mengwi A.A. Gde Agung bersama istri serta Sekda Badung Kompyang R. Swandika bersama Istri serta SKPD dilingkungan Pemkab Badung.
     
    Menurut Pemangku Pura Taman Ayun, Pujawali di Pura Taman Ayun jatuh setiap 6 (enam) bulan sekali atau 210 hari. Seperti pujawali-pujawali sebelumnya, pujawali kali ini ida bhatara akan nyejer selama tiga rahina. Dikatakan, Pemedek yang tangkil ke Pura Taman Ayun tidak hanya dari Kabupaten Badung, namun ada pula dari daerah lain di bali seperti Tabanan dan Buleleng. Dijelaskan pula, upakara yang dihaturkan saat pujawali yakni ayaban ida bhatara berupa bebangkit cagak di pelinggih gunung agung dan pelinggih-pelinggih pucak, sementara bebangkit suci katur ring paibon. Selain itu pregembal katur ring Padma, ida betara sakti, padma tiga, pelinggih bekak, pengubengan dan  ratu gede sakti pasek badak. "Sebentar setelah selesai upacara katuran ayaban di pura dilanjutkan upacara mulang pekelem di Dam (kolam Pura Taman Ayun) dengan diiringi tarian baris kraras. 
     
    Sesuai tradisi yang telah dilaksanakan dari dulu, sehari setelah pujawali (umanis piodalan) dilaksanakan Tradisi Leladan dari Krama Desa Sading. Sementara itu pada tigang rahina dihaturkan upakara  pregembal di pelinggih gunung agung dan pelinggih lainnya ayaban tumpeng 11.

    Bagikan
...

TENTANG

Pemerintah Kabupaten Badung

Ini adalah website resmi Pemerintah Kabupaten Badung, Bali, Indonesia.

Alamat
Jl.Raya Sempidi, Mangupura, Badung, 80351 Bali.

Media Sosial

KONTAK KAMI

  • Jl.Raya Sempidi, Mangupura, Badung, Bali.

  • (0361) 9009333

  • setda@badungkab.go.id

  • www.badungkab.go.id

FACEBOOK