Informasi › Berita
  • Pelatihan LPM, KPM dan BPD Se-Kabupaten Badung

    Admin

    Rabu, 11 Juni 2014 01:00 WITA

    Pelatihan LPM, KPM dan BPD Se-Kabupaten Badung
    Foto : Pelatihan Lpm, Kpm Dan Bpd Se-kabupaten Badung
    Untuk meningkatkan pemahaman, pengetahuan dan kemampuan anggota LPM, KPM dan BPD dalam pelaksanaan tugas dan fungsinya, Pemerintah Kabupaten Badung melalui Badan Pemberdayaan Desa dan Pemerintahan Desa (BPMD dan Pemdes) menggelar Pelatihan. Pelatihan ini dibuka Bupati Badung diwakili Kepala BPMD dan Pemdes Putu Gede Sridana, bertempat di Ruang Pertemuan BPMD dan Pemdes Pusat Pemerintahan Mangupraja Mandala. Senen (9/6).
     
    Pada kesempatan tersebut Bupati Badung dalam sambutannya yang dibacakan Kepala BPMD dan Pemdes Putu Gede Sridana menyampaikan, sebagai lembaga kemasyarakatan LPM bertugas membantu Pemerintah Desa dan Kelurahan dalam melaksanakan urusan Pemerintahan, Pembangunan dan Kemasyarakatan serta merupakan mitra dalam memberdayakan masyarakat Desa dan Kelurahan. Dalam melaksanakan tugas dan fungsi tersebut LPM dibantu oleh Kader Pemberdayaan Masyarakat (KPM) dalam hubungan kerja dengan Pemeritahan Desa/Kelurahan bersifat kemitraan, konsultatif dan koordinatif.
     
    Lebih lanjut Sridana menyampaikan, pada sisi lain BPD berkedudukan sebagai unsur penyelenggara Pemerintahan Desa, maka kinerja penyelenggara Pemerintahan Desa merupakan kinerja bersama antara Pemerintah Desa (Kepala Desa, Perangkat Desa dan BPD). Pemahaman tersebut mengandung makna bahwa BPD bukan hanya sebagai penyalur aspirasi semata, namun harus mampu membangun kapasitas masyarakat sehingga semua potensi, peluang, kendala dan tantangan dapat dikelola dengan sebaik-baiknya yang dapat memberikan manfaat positif bagi kemajuan masyarakat dan Desa. Mengingat tugas dan fungsi LPM, KPM dan BPD tersebut diperlukan suatu pemahaman dan pengetahuan yang cukup bagi para anggota.
     
    Sridana berharap, dengan adanya pelatihan ini tujuan untuk mensejahterakan masyarakat Desa segara dapat diwujudkan, bahkan dalam membangun Badung pada umumnya masyarakat Desa dapat berpartisifasi secara baik dan cermat sehingga hasilnya menjadi lebih baik dan lebih baik lagi.
    Sementara itu Kabid. Pemerintahan Desa dan Kelurahan I Nyoman Yoseph Sridana melaporkan, maksud pelaksanaan pelatihan LPM,KPM dan BPD adalah untuk meningkatkan pemahaman, pengetahuan dan kemampuan anggota dalam tugas dan fungsinya, baik sebagai lembaga kemasyarakatan yang ada di Desa/Kelurahan maupun BPD sebagai mitra kerja Pemerintahan Desa. Sedangkan tujuannya adalah meningkatkan kompotensi dan profesionalisme para anggota sesuai dengan tugas dan fungsinya masing-masing.      

    Bagikan
...

TENTANG

Pemerintah Kabupaten Badung

Ini adalah website resmi Pemerintah Kabupaten Badung, Bali, Indonesia.

Alamat
Jl.Raya Sempidi, Mangupura, Badung, 80351 Bali.

Media Sosial

KONTAK KAMI

  • Jl.Raya Sempidi, Mangupura, Badung, Bali.

  • (0361) 9009333

  • setda@badungkab.go.id

  • www.badungkab.go.id

FACEBOOK