Informasi › Berita
  • Suambara Berikan Kuliah Umum di Universitas Udayana

    Admin

    Senin, 12 Mei 2014 10:55 WITA

    Suambara Berikan Kuliah Umum di Universitas Udayana
    Foto : Suambara Berikan Kuliah Umum Di Universitas Udayana
             Sebelum memberikan kuliah umum dilakukan penandatangan kerjasama Pemerintah Kabupaten Badung dengan Unud, oleh Rektor Unud Prof. DR. dr I Made Suastika, dengan Bupati Badung AA Gde Agung, yang dalam hal ini diwakili Kepala Bappeda dan Litbang I Wayan Suambara, SH, MM. Dihadapan ratusan calon wisudawan sarjana S-1, S-2 dan S-3, Suambara memberikan materi dengan judul “Sinergitas Peranan Pemerintah Daerah Kabupaten Badung dengan Perguruan Tinggi (Unud) Dalam Perspektif Pembangunan Daerah”. Alumnus Fakultas Hukum Unud Desember 1987 ini mengatakan, dua institusi antara pemerintah daerah dengan perguruan tinggi peranannya harus dikawinkan. Pemerintah daerah memiliki kewajiban pembangunan kemasyarakatan disegala aspek. Baik itu, pendidikan, kesehatan, penanggulangan kemiskinan, dan permasalahan kompleks lainnya.
                Untuk itu dibutuhkan SDM yang mumpuni untuk mengelola pemerintahan. “Bagi kami Unud adalah salah satu tempat untuk mendepatkan SDM yang cerdas, berintelektual, berkeimanan , memiliki moral yang baik, dan tak kalah penting memiliki kemampuan fisik yang baik,”kata Suambara. Mantan anggota DPRD Bali dua periode ini memberikan motivasi kepada calon wisudawan, agar mampu berkompetisi dalam menghadapi persaingan global. Kata dia, setiap individu harus memiliki mental berkompetisi, dan harus memenangkan kompetisi. Bagaimana caranya? “Petakan masalah, petakan kekuatan lawan, analisis masalah dan temukan solusi,”ujarnya. Setiap individu juga harus meyakini diri memiliki jiwa kepeminpinan dan memiliki peran.
                Sementara itu, sinergitas antara Pemkab Badung dengan Unud menurut Suambara, sebenarya sudah terjalin sebelum dilakukannya penantanganan kerjasama. Diantaranya, dalam penyusunan konsep-konsep pembangunan di Kabupaten Badung, banyak diperolehnya dari hasil diskusi dengan akademisi Unud. Akan tetapi setelah adanya kesepekatan kerjasama, maka bentuk sinergitas akan semakin nyata. Dicontohkannya, pada tahun anggaran 2014 ini sedang dirancang detail engineering design (DED) beautifikasi drainase, trotoarisasi sepanjang dalan dari Mc Donald sampai simpang SPBU. Dengan total anggaran yang akan dikucurkan sekitar Rp 40 miliar. Sedangkan untuk tahun 2014 ini juga sedang dikerjakan penataan median dan taman gerbang Unud.
                Pada kesempatan tersebut Suambara yang hadir bersama Kasat Pol PP Badung I Ketut Martha, SH, dan Kepala Dinas Bina Marga dan Pengairan Ir. IB Surya Suamba, membeberkan berbagai program dan kebijakan Pemerintah kabupaten Badung, serta tingkat keberhasilan yang telah dicapai. Baik dibidang pemerintahan, perekonomian, pertanian dalam arti luas, social kemasyarakatan, serta kebijakan lainnya yang berpedoman 5 prinsip dasar pembangunan Badung yang berkelanjutan (triple track strategy plus two). Yaitu, pro growth   (pemerataan kesejahteraan bagi seluruh lapisan masyarakat), pro jobs (penciptaan lapangan pekerjaan dan iklim usaha yang baik), pro poor (penanggulangan kemiskinan), pro culture (pelestarian dan pengembangan budaya masyarakat) dan pro environment (pelestarian lingkungan). Penerapan lima prinsip dasar pembangunan Badung berkelanjutan ini telah dapat dirasakan masyarakat. Hal tersebut dapat dilihat dari pertumbuhan dan pemerataan sudah cukup baik, serta turunnya angka pengangguran dan RTM di Badung.
                 Rektor Unud Prof. Dr. dr I Made Suastika mengatakan, kerjasama dengan pemerintah daerah dalam hal ini dengan Pemerintah Kabupaten Badung sudah berjalan dengan sangat baik. Dia juga mengakui, sudah banyak sumbahsih yang diberikan Pemerintah Kabupaten Badung kepada Unud. Dengan ditandatanganinya kerjasama antara kedua belah pihak, diharapkan sinergitas kerjasama antara kedua institusi semakin meningkat. Dirinya juga berharap materi  yang diberikan memalui kuliah umum ini dapat dijadikan pegangan dan pedoman bagi para calon wisudawan dalam perjuangan selanjutnya mencapai cita-cita yang diinginkan.

    Bagikan
...

TENTANG

Pemerintah Kabupaten Badung

Ini adalah website resmi Pemerintah Kabupaten Badung, Bali, Indonesia.

Alamat
Jl.Raya Sempidi, Mangupura, Badung, 80351 Bali.

Media Sosial

KONTAK KAMI

  • Jl.Raya Sempidi, Mangupura, Badung, Bali.

  • (0361) 9009333

  • setda@badungkab.go.id

  • www.badungkab.go.id

FACEBOOK