Informasi › Berita
  • Yowana Prasada Amertha Gelar Festival Budaya Bertajuk Kiwatengen

    Admin Web Badung

    Senin, 30 September 2024 08:49 WITA

    Yowana Prasada Amertha Gelar Festival Budaya Bertajuk Kiwatengen
    Foto : Yowana Prasada Amertha Gelar Festival Budaya Bertajuk Kiwatengen

    Yowana Prasada Amertha Desa Adat Padang Luwih mengadakan Festival Budaya ke-3 bertajuk "KIWATENGEN: Keseimbangan Menuju Kesempurnaan", pada Minggu (29/9) di Wantilan Pura Desa Lan Puseh Desa Adat Padang Luwih, Dalung, Badung. Festival ini sekaligus dirangkai dengan pelantikan pengurus yowana baru.

    Kegiatan yang mendapat dukungan dari berbagai pihak itu diselenggarakan dengan lomba penjor dan gebogan untuk menyambut piodalan Pura Desa Lan Puseh Desa Adat Padang Luwih yang berlangsung pada hari Senin 30 September 2024.  

    Peserta lomba penjor dan gebogan tersebut diikuti oleh 6 tim dari setiap Sekaa Teruna di Desa Adat Padang Luwih yang meliputi, ST. Eka Dharma (Banjar Kwanji), ST. Yasa Kencana (Banjar Gaji), ST. Tri Eka Dharma (Banjar Jeroan), ST. Tri Udaya Pendem (Banjar Pendem), ST. Tunggaling Adnyana (Banjar Celuk) dan ST. Amertha Prawitha (Banjar Tegaljaya).

    Ketua Yowana Prasada Amertha Tahun 2018 - 2024, I Nyoman Agus Adiprawira, S.M., M.M menjelaskan bahwa, perlombaan penjor dan gebogan ini merupakan sebuah wujud dari yadnya yang harus dipahami generasi muda.

    "Dipilihnya lomba penjor dan gebogan ini merupakan sebuah bentuk yadnya yang dikemas oleh peserta untuk dipersembahkan. Ini merupakan upaya dalam memperkenalkan konsep yadnya kepada generasi muda untuk dipahami dengan baik. Selain itu, penjor dan gebogan juga bentuk kerjasama tim untuk mempererat tali silahturahmi antar Sekaa Teruna," jelasnya. 

    Ia juga menjamin dalam perlombaan tersebut, seluruh peserta menggunakan  produk lokal dan ramah lingkungan. 

    "Perlombaan ini tentu memakai bahan lokal dan ramah lingkungan. Serta memperkenalkan keunggulan dari buah lokal yang harus diketahui oleh masyarakat luas. Dan untuk kedepannya, kegiatan ini diharapkan dapat diselenggarakan kembali," imbuh Adiprawira.

    Bendesa Adat Padang Luwih, I Ketut Adi Ardana, S.E , mengapresiasi kegiatan lomba penjor dan gebogan tersebut untuk tetap diselenggarakan.

    "saya sangat mengapresiasi yowana yang sudah melestarikan adat dan budaya. Tentu dengan ini saya akan selalu mendukung lomba penjor dan gebogan tersebut untuk terus diselenggarakan kedepannya", ungkap Adi Ardana.

    Adi Ardana juga menyampaikan pesan kepada kepengurusan yowana baru agar menjalankan tugasnya dengan baik.

    "Dan untuk kepengurusan yowana yang baru dilantik agar dapat menjalankan tugas dengan baik, ini dikarenakan yowana adalah tulang punggung dari Desa adat untuk membantu dalam kegiatan upacara adat dan lain sebagainya," ucap Bendesa Adat Padang Luwih tersebut.

    Sementara, I Gusti Ngurah Dwipayana, S.M., M.M selaku Ketua Yowana Prasada Amertha terpilih menegaskan untuk mempererat hubungan antar Sekaa Teruna di Desa Adat Padang Luwih.

    "Terpilihnya saya menjadi ketua yowana, dipastikan untuk melanjutkan serta mengembangkan berbagai program dari kepengurusan sebelumnya agar lebih baik. Dan mempererat hubungan antar Sekaa Teruna di Desa Adat Padang Luwih untuk tetap melestarikan budaya dan menjaga kearifan lokal yang sudah ada," tegasnya.


    Bagikan
...

TENTANG

Pemerintah Kabupaten Badung

Ini adalah website resmi Pemerintah Kabupaten Badung, Bali, Indonesia.

Alamat
Jl.Raya Sempidi, Mangupura, Badung, 80351 Bali.

Media Sosial

KONTAK KAMI

  • Jl.Raya Sempidi, Mangupura, Badung, Bali.

  • (0361) 9009333

  • setda@badungkab.go.id

  • www.badungkab.go.id

FACEBOOK