Informasi › Berita
  • Karya Melaspas Tapakan di Pura Batur, Banjar Pengembungan, Desa Bongkasa

    Admin Web Badung

    Sabtu, 21 September 2024 19:24 WITA

    Karya Melaspas Tapakan di Pura Batur, Banjar Pengembungan, Desa Bongkasa
    Foto : Karya Melaspas Tapakan Di Pura Batur, Banjar Pengembungan, Desa Bongkasa

    Pura Batur, Banjar Pengembungan, Desa Bongkasa melaksanakan Karya Melaspas Tapakan yang bertepatan dengan Sugihan Bali, Kajeng Keliwon Uwudan, Jumat (20/9/2024). Dalam upacara ini melibatkan sebanyak 350 KK karang ayahan dan seluruh masyarakat Desa Bongkasa.   

    Upacara yang dipersiapkan selama 6 bulan tersebut  mendapat dukungan dari berbagai pihak termasuk Pemerintah Kabupaten Badung, serta dihadiri oleh Jro Gede Batur, Jro Balian Batur, Jro Mangku, Jro Kesinoman dan pemangku kepentingan lainnya. 

    Jro Mangku Pura Batur, Desa Bongkasa, Drs. I Made Wardana menyatakan selama 20 tahun, Pura Batur belum melaksanakan ngodak tapakan. 

    “Hari ini adalah upacara pelaspasan tapakan Pura Batur yang selama 20 tahun belum pernah ngodakin. Setelah ngodakin tuntas, rangkaian dilanjutkan dengan melasti di pantai Batu Bolong, meminta pasupati di Pura Luhur Puncak Padang Dawa, Pura Ulun Danu Batur dan Pura Jati,” ujar Jro Mangku Pura Batur.

    I Made Wardana juga mengungkapkan bentuk terimakasih kepada pemerintah Kabupaten Badung, Desa Bongkasa, masyarakat dan donatur yang mendukung upacara tersebut.

    “Selain mendapat dukungan dari Pemerintah Desa Bongkasa dan Kabupaten Badung, upacara ini juga memperoleh donator serta punia dari masyarakat Desa Bongkasa. Dilaksanakannya karya pelaspasan ini agar umat Hindu di Desa Bongkasa mendapat kerahayuan,” ungkap Jro Mangku Pura Batur.

    Sementara Bendesa Adat Bongkasa, Ida Bagus Gede Sujia Pradanta berharap pelaksanaan karya pelaspasan tapakan tersebut dapat memberikan energi positif bagi Pura Batur dan  masyarakat Desa Bongkasa. 

    “Pelaksanaan karya pelaspasan yang bertepat pada kajeng keliwon ini diharapkan dapat memancarkan hal positif bagi Pura Batur dan Desa Bongkasa. Selain itu, sebagai Pratima dan Pralingga pada upacara tersebut, mampu menjadi penuntun umat, pemelihara dan memberikan energi dharma untuk masyarakat setempat,” harap Ida Bagus Gede Sujia Pradanta.


    Bagikan
...

TENTANG

Pemerintah Kabupaten Badung

Ini adalah website resmi Pemerintah Kabupaten Badung, Bali, Indonesia.

Alamat
Jl.Raya Sempidi, Mangupura, Badung, 80351 Bali.

Media Sosial

KONTAK KAMI

  • Jl.Raya Sempidi, Mangupura, Badung, Bali.

  • (0361) 9009333

  • setda@badungkab.go.id

  • www.badungkab.go.id

FACEBOOK