Informasi › Berita
  • Lestarikan Bahasa Daerah, Disdikpora Badung Gelar Festival Tunas Bahasa Ibu Jenjang Sekolah Dasar

    Admin Web Badung

    Selasa, 17 September 2024 12:17 WITA

    Lestarikan Bahasa Daerah, Disdikpora Badung Gelar Festival Tunas Bahasa Ibu Jenjang Sekolah Dasar
    Foto : Lestarikan Bahasa Daerah, Disdikpora Badung Gelar Festival Tunas Bahasa Ibu Jenjang Sekolah Dasar

    Dinas Pendidikan Kepemudaan dan Olahraga Kabupaten Badung kembali menggelar kegiatan Festival Tunas Bahasa Ibu (FTBI) untuk jenjang Sekolah Dasar, setelah sebelumnya sukses digelar untuk jenjang Sekolah Menengah Pertama. FTBI ini digelar sebagai ajang untuk melestarikan keberadaan bahasa Daerah. Kegiatan tersebut dihadiri langsung oleh Sekretaris Disdikpora Badung, I Gusti Bagus Adi Parwata dan peserta lomba. Festival ini bertempat di Wantilan DPRD Badung, Sabtu (14/9). 


    Ni Nyoman Suliastini Selaku panitia penyelenggara FTBI jenjang SD menjelaskan peserta lomba FTBI ini berjumlah 196 orang terbagai atas 98 peserta putra dan 98 peserta putri.  Pihaknya merinci ada 7 kategori lomba yang digelar yaitu lomba mesatua Bali, sekar alit, nyurat aksara Bali, ngripta & membaca puisi, pidarta, dan lomba bebanyolan. Disampaikan selanjutnya peserta yang memperoleh juara pertama nantinya akan mengikuti Festival Tunas Bahasa Ibu Tingkat Provinsi Bali. Untuk dewan juri berasal dari Widya Sabha dan penyuluh Bahasa Bali Kabupaten Badung.


    Sementara itu Kepala Dinas Pendidikan Kepemudaan dan olahraga Kabupaten Badung Di Wakili sekretaris Disdikpora Badung, I Gusti Bagus Adi Parwata, dalam sambutannya mengatakan Festival Tunas Bahasa Ibu merupakan sebuah ajang seni untuk menampilkan ekspresi cinta anak-anak sekolah terhadap Bahasa daerah. Selain itu, kegiatan ini adalah bagian dari program revitalisasi Bahasa daerah yang diluncurkan 0Oleh Kemendikbudristek. Pihaknya menilai peran Bahasa ibu sangatlah penting dalam membentuk karakter generasi muda yang berakar pada nilai-nilai budaya dan tradisi leluhur. Oleh karena itu Disdikpora badung berkomitmen untuk terus menanamkan rasa cinta terhadap Bahasa dan budaya daerah kepada generasi muda. “Harapan kami kedepan agar anak-anak dapat menjaga dan melestarikan bahasa Bali," ujar Adi Parwata.


    Sebagai Informasi penyelenggaraan Festival Tunas Bahasa Ibu bertujuan untuk menjadikan generasi muda sebagai penutur aktif Bahasa daerah, mengajarkan Bahasa daerah dengan cara yang menyenangkan, serta yang tidak kalah pentingnya yakni menjaga keberlangsungan dan kelestarian Bahasa daerah. Ditemui seusai melihat secara langsung kegiatan lomba Sekretaris dinas Pendidikan Kepemudaan dan Olahraga


    Bagikan
...

TENTANG

Pemerintah Kabupaten Badung

Ini adalah website resmi Pemerintah Kabupaten Badung, Bali, Indonesia.

Alamat
Jl.Raya Sempidi, Mangupura, Badung, 80351 Bali.

Media Sosial

KONTAK KAMI

  • Jl.Raya Sempidi, Mangupura, Badung, Bali.

  • (0361) 9009333

  • setda@badungkab.go.id

  • www.badungkab.go.id

FACEBOOK