Informasi › Berita
  • Bupati Nyoman Giri Prasta Dukung Ngaben Masal di Batur, Kintamani

    Admin Web Badung

    Selasa, 17 September 2024 09:15 WITA

    Bupati Nyoman Giri Prasta Dukung Ngaben Masal di Batur, Kintamani
    Foto : Bupati Nyoman Giri Prasta Dukung Ngaben Masal Di Batur, Kintamani

    Komitmen kongkrit Bupati Badung I Nyoman Giri terhadap upaya pelestarian adat, agama, seni dan budaya Bali ditunjukkan dengan menghadiri Karya Ngaben Masal (Ngasti) di Desa Adat Batur, Kecamatan Kintamani, Bangli, Rabu (11/9).

     

    Karya ngaben masal yang diikuti 168 sawa dari 17 banjar dan 3 Desa Dinas tersebut dihadiri pula Bupati Bangli Sang Nyoman Sedana Arta, Wakil Bupati Bangli I Wayan Diar, Ketua DPRD Bangli I Ketut Suastika, anggota DPD RI terpilih I Komang Merta Jiwa, tokoh masyarakat Batur serta krama pemilik sawa. Sebagai bentuk motivasi dan perhatian, Bupati Giri Prasta menyerahkan dana punia pribadi sebesar Rp 50 juta.

     

    Bupati Badung Giri Prasta menyampaikan apresiasi dan dukungan atas semangat persatuan yang telah ditunjukkan Krama Desa Adat Batur dalam melaksanakan Upacara Pitra Yadnya, Atma Wedana dan Nyekah. Pihaknya sangat mendukung dan berharap upacara ini berjalan dengan baik dan lancar dan baik, disamping itu pula diharapkan kepada krama yang memiliki sawa agar betul-betul mengikuti jalannya upacara, mulai dari awal hingga ngelinggihang di Merajan serta harus didasari atas hati yang tulus ikhlas.

     

    “Dalam pelaksanaan karya (upacara) atiwa-tiwa, atma wedana dan sawa prakerti ini, beberapa hal yang patut dipahami, mulai dari mapurwa daksina dengan menggunakan sapi gading atau sapi selem batu, yang akan menghantarkan atma menuju surga. Semua prosesi upacara tersebut dapat diikuti oleh semua keluarga sebagai tanggung jawab serta wujud bakti kepada leluhur yang diupacarai. Saya berharap, dudonan atau rangkaian karya yadnya ini berjalan dengan lancar labda karya, sida sidaning don,” ujarnya.

     

    Selanjutnya Manggala Karya Guru Santika mengucapkan terima kasih yang sebesarnya atas kehadiran serta dukungan yang diberikan Bupati Badung Nyoman Giri Prasta bersama undangan lainnya. Dengan hadirnya Bupati Badung memberikan dukungan di acara tersebut berharap semoga selama melaksanakan karya  berjalan sesuai dengan yang diharapkan oleh krama hingga selesai.

     

    Caption :

    Bupati Nyoman Giri saat menghadiri Karya Ngaben Masal (Ngasti) di Desa Adat Batur, Kecamatan Kintamani, Bangli, Rabu (11/9).


    Bagikan
...

TENTANG

Pemerintah Kabupaten Badung

Ini adalah website resmi Pemerintah Kabupaten Badung, Bali, Indonesia.

Alamat
Jl.Raya Sempidi, Mangupura, Badung, 80351 Bali.

Media Sosial

KONTAK KAMI

  • Jl.Raya Sempidi, Mangupura, Badung, Bali.

  • (0361) 9009333

  • setda@badungkab.go.id

  • www.badungkab.go.id

FACEBOOK