Informasi › Berita
  • Manfaatkan Teknologi Informasi dalam Proses Belajar, Disdikpora Badung Gelar Workshop Digitalisasi Pendidikan

    Admin Web Badung

    Sabtu, 24 Agustus 2024 23:08 WITA

    Manfaatkan Teknologi Informasi dalam Proses Belajar, Disdikpora Badung Gelar Workshop Digitalisasi Pendidikan
    Foto : Manfaatkan Teknologi Informasi Dalam Proses Belajar, Disdikpora Badung Gelar Workshop Digitalisasi Pendidikan

     

    Pada era globalisasi dan revolusi industri 4.0  seperti saat ini, perkembangan teknologi telah banyak mengubah aspek kehidupan manusia termasuk dalam bidang pendidikan. Menyikapi hal tersebut Pemerintah Kabupaten Badung melalui  Dinas Pendidikan Kepemudaan dan Olahraga menyelenggarakan Workshop Digitalisasi Pendidikan. Kegiatan ini berlangsung di ruang Kerta Gosana Lantai 3, Puspem Badung, Jumat pagi (23/8).

    CEO Indoxx I Putu Mahendra Dalam sambutannya menyampaikan saat ini perkembangan teknologi khususnya teknologi informasi sangat cepat sehingga sebagai pengguna harus mampu mengejar ketertinggalan tersebut. "Saya ingin sekali mengatakan bahwa mari kita belajar, karena perubahan terlalu cepat. Teknologi sudah merajalela dimana-mana dan kita harus segera mengejarnya," ungkapnya.

    Disampaikan lebih lanjut sebagai salah satu putra Badung pihaknya  telah diberikan kesempatan berkunjung ke luar Negeri untuk melihat bagaimana proses belajar disana yang sangat maju dengan mengimplementasikan teknologi informasi kedalam kegiatan belajar mengajar siswa. "Saya sangat berharap Bapak/Ibu, karena diberikan kesempatan sedikit tahu luar negeri. Jadi saya sangat ingin sekali mendekati mereka, mengerti teknologi, pengaplikasian teknologi, membangun teknologi yang baru, dan  bahkan saya bertemu dengan orang-orang Indonesia yang tidak mau disebut namanya tetapi penemu teknologi," jelasny.

    Selanjutnya pihaknya menyampaikan rasa terima kasih kepada kepala dinas pendidikan kepemudaan dan olahraga beserta jajaran atas kolaborasi yang sudah terjalin sehingga inbox bisa berkontribusi untuk bersama sama membangun digitalisasi pendidikan di Kabupaten Badung.

    Kepala Dinas Pendidikan Kepemudaan dan Olahraga Kabupaten Badung dalam sambutannya dibacakan Kepala Bidang Sekolah Dasar Dinas Pendidikan Kepemudaan dan Olahraga  Kabupaten Badung, Rai Twistyanti Raharja menjelaskan kemajuan teknologi informasi saat ini telah membawa tantangan serta peluang yang  baru . Okeh karenanya hendaknya kita sikapi fenomena ini secara Arif dan bijaksana.

    Pihaknya menyampaikan di Kabupaten Badung telah dirasakan  mengenai dampak positif dari perkembangan teknologi informasi khususnya dalam dunia pendidikan. Seperti program pembelajaran berbasis teknologi, penggunaan perangkat digital dalam proses pembelajaran, serta akses yang lebih luas terhadap sumber belajar online.

    Oleh karenanya lanjut dia sebagai pendidik akan mengemban tanggung jawab baru yaitu memastikan kehadiran teknologi informasi ini benar-benar digunakan untuk mendukung proses pembelajaran secara efektif serta mampu mengintegrasikan kedalam kurikulum sehingga dapat menciptakan proses belajar mengajar yang menyenangkan, interaktif, kepada peserta didik.

    Pihaknya menekankan dengan kemajuan teknologi informasi tidak boleh melupakan esensi dari pendidikan itu sendiri yaitu pendidikan merupakan sebuah proses untuk membangun karakter, mengembangkan kompetensi, dan menanamkan nilai-nilai luhur. "Kita harus selalu menjaga keseimbangan antara penggunaan teknologi dan pendekatan humanisme dalam pendidikan," ujarnya.

    Selanjutnya dijelaskan pemerintah Kabupaten Badung terus berkomitmen untuk menyediakan infrastruktur teknologi yang memadai. Seperti memperluas akses internet hingga ke daerah terpencil, serta menyediakan pelatihan kepada guru untuk meningkatkan kompetensi digital mereka.

    "Saya mengajak kepala sekolah, guru, orang tua dan seluruh masyarakat sama sama mendorong penggunaan teknologi secara bijak dan bertanggung jawab. Saya percaya dengan kerja keras, kolaborasi dan komitmen bersama kita dapat membawa pendidikan di Kabupaten Badung menuju masa depan yang lebih baik. Digitalisasi pendidikan adalah langkah strategis untuk mewujudkan visi kita yaitu menciptakan generasi muda yang unggul, inovatif dan siap bersaing di kancah global. Terima kasih atas dukungan semua pihak," katanya.

    Ditemui di sela-sela kegiatan Kepala Dinas Pendidikan Kepemudaan dan Olahraga Kabupaten Badung I Gusti Made Dwipayana mengatakan kegiatan ini mengusung tema yakni Badung Gumawa Sisya Utama. Dimana program ini memiliki strategi untuk membawa SDM Badung yang unggul dan berdaya saing.

    Selanjutkan dikatakan Badung Gumawa Sisya Utama ini memiliki beberapa pilar. Salah satunya adalah kegiatan yang dilaksanakan pada hari ini dengan bekerja sama dengan Indoxx.

    "Jadi kita ingin membangun kreatifitas anak-anak guru-guru kita dalam pemanfaatan teknologi digital," ujarnya.

    Pihaknya kedepan berharap guru dan peserta didik agar lebih kreatif sehingga pembelajaran diberikan di kelas dapat lebih menarik.

    Kegiatan tersebut diikuti 273 peserta dari satuan pendidikan PAUD, SD, hingga SMP di Kabupaten Badung. Turut hadir Kepala Dinas Pendidikan Kepemudaan dan Olahraga, I Gusti Made Dwipayana , CEO Indoxx I Putu Mahendra, Jajaran Dinas Pendidikan Kepemudaan dan Olahraga Kabupaten Badung serta peserta.

    Sebagai pembicara dalam kegiatan tersebut yaitu I Made Suandika Astika Pande dengan materi Digital Multimedia Fun Learning. Selanjutnya pembicara kedua Ni Komang Yuko Utami dengan materi Jurnalisme Digital. Pembicara terakhir I Putu Mahendra dengan materi Digital Content Management System dan Augmented Reality.


    Bagikan
...

TENTANG

Pemerintah Kabupaten Badung

Ini adalah website resmi Pemerintah Kabupaten Badung, Bali, Indonesia.

Alamat
Jl.Raya Sempidi, Mangupura, Badung, 80351 Bali.

Media Sosial

KONTAK KAMI

  • Jl.Raya Sempidi, Mangupura, Badung, Bali.

  • (0361) 9009333

  • setda@badungkab.go.id

  • www.badungkab.go.id

FACEBOOK