Informasi › Berita
  • DISKOPUKMP Badung Gelar Pelatihan untuk Tingkatkan Pengetahuan dan Keterampilan Barista

    Admin Web Badung

    Kamis, 22 Agustus 2024 08:14 WITA

    DISKOPUKMP Badung Gelar Pelatihan untuk Tingkatkan Pengetahuan dan Keterampilan Barista
    Foto : Diskopukmp Badung Gelar Pelatihan Untuk Tingkatkan Pengetahuan Dan Keterampilan Barista

    Kopi menjadi salah satu minuman favorit di dunia. Kini peluang usaha dari pekerjaan membuat kopi  atau barista sangatlah besar, terlebih lagi Kabupaten Badung dikenal sebagai daerah sentral pariwisata di Pulau Dewata. Pemerintah Kabupaten Badung melalui Dinas Koperasi Usaha Kecil Menengah dan Perdagangan terus berupaya menangkap peluang usaha tersebut serta meningkatkan pengetahuan dan keterampilan dari para pelaku UMKM khususnya Barista. Untuk itu digelar kegiatan pelatihan yang bertempat di ruang rapat cempaka Dinas Koperasi UKM dan Perdagangan Kabupaten Badung, Selasa (20/8).

     

    Ni Made Ari Yudani, SSTP., MAP selaku Pejabat Fungsional Pengembang Kewirausahaan Ahli Muda dalam laporannya menerangkan pelatihan barista tersebut diikuti sebanyak 25 peserta yang sebagian besar berasal pelaku usaha mikro dan calon wirausaha dari  kawula muda.

     

    Selanjutnya disampaikan pelatihan barista ini dilaksanakan  guna mempersiapkan keterampilan teknik meracik dan menyeduh  kopi yang dimulai dari Cupping, manual brew , espresso, cappucino dan latte serta memberikan pengetahuan dan  pemahaman jenis-jenis serta karakter kopi. Disampaikan lebih lanjut Pelatihan ini digelar selama lima hari, mulai tanggal 20 Agustus 2024 sampai 25 Agustus 2024, bertempat di ruang cempaka Dinas Koperasi UMKM dan Perdagangan Kabupaten Badung dan Lembaga Pelatihan Kerja swasta (LPS) Sekolah Perhotelan Bali.

     

    Sementara itu Kepala Dinas Koperasi UMKM dan Perdagangan Kabupaten Badung dalam kesempatan tersebut diwakili Kepala Bidang Kewirausahaan I Made Wirya Santosa dalam sambutannya menyampaikan maraknya kedai kopi yang dibangun menunjukkan tren minum kopi semakin digemari oleh masyarakat Indonesia, Bali dan di Kabupaten Badung.

     

    Pihaknya mengatakan kondisi tersebut dapat menjadi peluang usaha yang baru yang semakin diminati oleh kawula muda. Sehingga pekerjaan sebagai seorang barista atau pembuat kopi menjadi pekerjaan yang sangat menjanjikan dan sangat tepat bagi pecinta minuman kopi yang ingin bekerja sesuai passion.

     

    Selain itu bekerja sebagai seorang barista juga menyenangkan karena dapat bertemu dan melayani pelanggan dengan berbagai latar belakang dengan berbagai cerita menarik tentang kopi.

     

    "Kedepan kami harapkan usaha kedai kopi atau cofee shop yang dimiliki oleh pelaku usaha dari Kabupaten Badung dapat bersaing dengan kedai kopi besar yang telah memiliki jaringan di berbagai belahan Dunia," ujarnya.

     

    Ditemui setelah membuka acara, Kepala Bidang Kewirausahaan Dinas Koperasi UKM dan Perdagangan Kabupaten Badung menyampaikan antusiasme dari peserta pelatihan sangat tinggi. Hal ini dibuktikan dengan jumlah pendaftar yang diterimanya cukup banyak sekitar 122 peserta namun pikahnya menyeleksi menjadi 25 peserta mengingat kapasitas kelas yang dibuka hanya 25 peserta. "Jadi kita seleksi  benar-benar ketat yang punya minat dalam bisnis kopi ini. Jadi dari itu kita lihat semangatnya mereka untuk mendaftar dan mengikuti pelatihan ini benar benar sangat antusias," katanya.

     

    Kegiatan pelatihan Barista ini dibuka secara resmi dengan pengalungan tanda peserta oleh Kepala Bidang Kewirausahaan Dinas Koperasi UMKM dan Perdagangan Kabupaten Badung disaksikan oleh Ni Made Ari Yudani JF Pengembang Kewirausahaan Ahli Muda Dinas Koperasi UMKM dan Perdagangan Kabupaten Badung, Gede  Aryawan JF Pengawas Inspektorat  Kabupaten Badung, Ni Ketut Suartini JF Perindag, Dinas Perindustrian dan Perdagangan Kabupaten Badung,  Ni Wayan Nariani Analis Perencanaan evaluasidan pelaporan Badan Perencanaan Pembangunan Daerah Kabupaten Badung, Ni Ketut Asmariani Putri JF Pengawas Koperasi Ahli Muda Dinas Koperasi, UMKM dan Perdagangan Kabupaten Badung,  Putu Gede Eka Saputra Staf BPKD, I Gusti Ayu Melistyari Dewi, Diretur Sekolah Perhotelan Bali, serta peserta pelatihan.


    Bagikan
...

TENTANG

Pemerintah Kabupaten Badung

Ini adalah website resmi Pemerintah Kabupaten Badung, Bali, Indonesia.

Alamat
Jl.Raya Sempidi, Mangupura, Badung, 80351 Bali.

Media Sosial

KONTAK KAMI

  • Jl.Raya Sempidi, Mangupura, Badung, Bali.

  • (0361) 9009333

  • setda@badungkab.go.id

  • www.badungkab.go.id

FACEBOOK