Informasi › Berita
  • Bupati Giri Prasta Dukung Pembangunan Wantilan Desa Adat Lambing Sibangkaja

    Admin

    Kamis, 6 Juli 2017 01:00 WITA

    Bupati Giri Prasta Dukung Pembangunan Wantilan Desa Adat Lambing Sibangkaja
    Foto : Bupati Giri Prasta Dukung Pembangunan Wantilan Desa Adat Lambing Sibangkaja
    Bupati Badung I Nyoman Giri Prasta menyerahkan dana hibah sebesar Rp 1 miliar kepada Desa Adat Lambing, Desa Sibangkaja, Kecamatan Abiansemal, untuk melanjutkan finishing pembangunan Wantilan Desa Adat Lambing. Selain itu juga diserahkan hibah gong barung untuk sekaa gong Banjar Adat Lambing sebesar Rp 350 juta, dana aci piodalan di Pura Dalem Desa Adat Lambing sebesar Rp. 50 juta dan aci Pura Merajepati Rp. 25 juta. Penyerahan hibah bertepatan dengan pujawali di Pura Dalem, Desa Adat Lambing, Selasa (4/7) malam lalu. Acara tersebut dihadiri anggota Komisi X DPR RI Dr. Ir. I Wayan Koster, MM bersama Istri, dari Dinas Kebudayaan Badung, Camat Abiansemal beserta Tripika Kecamatan, Perbekel Sibangkaja, para kelian banjar se-Desa Sibangkaja.
            Pada kesempatan itu, Bupati Giri Prasta sangat mengapresiasi pelaksanaan pujawali Ida Bhatara di Pura Dalem, Desa Adat Lambing termasuk pembangunan wantilan desa adat ini. Menurut Bupati, bahwa Pemkab Badung sudah melaksanakan Pola Pembangunan Nasional Semesta Berencana (PPNSB), semesta itu menyeluruh dan berencana itu terpola. Dalam PPNSB terdapat lima program yang menjadi skala prioritas pembangunan yang merupakan pemenuhan kebutuhan dasar masyarakat badung,  yaitu; pangan, sandang dan papan; kesehatan dan pendidikan; jaminan sosial dan tenaga kerja; seni, adat, agama dan budaya; pariwisata.
             "PPNSB di Badung sudah berjalan dengan baik, dan kami Pemkab Badung komit memberikan pelayanan gratis dibidang kesehatan dan pendidikan. Begitu pula program bedah rumah serta pelestarian seni budaya," terangnya.
             Bupati menyadari, waktu dari masyarakat kebanyakan habis untuk melaksanakan yadnya termasuk dana masyarakat banyak habis untuk beryadnya. Untuk itu Pemkab Badung bersama DPRD Badung selalu hadir ditengah-tengah masyarakat guna mendukung seluruh pembangunan di desa maupun desa adat. "Penyerahan bantuan hibah ini merupakan komitmen kami mendukung pembangunan di desa sehingga masyarakat tidak lagi mengeluarkan biaya," tegasnya.
            Bupati juga telah mengambil kebijakan untuk menuntaskan seluruh pembangunan di Pura Kahyangan Tiga, Desa Adat di Badung, dan mulai tahun 2018 nanti Bupati juga mengambil kebijakan untuk memberikan gaji kepada Pemangku Pura Kahyangan Tiga se-Badung.
              Bendesa Adat Lambing, A. A. Bagus Mahardika menyampaikan terima kasih atas bantuan hibah dari Bupati Badung, sehingga penyelesaian Wantilan Desa Adat Lambing dapat dilaksanakan dengan baik. Ia mengakui program PPNSB sudah sangat dirasakan oleh masyarakat Lambing. Hal ini tidak terlepas dari banyaknya bantuan yang telah diterima, seperti bantuan mobil pecalang, dana aci serta dana pembangunan yang sekaligus dapat meringankan beban masyarakat.
              "Kami atas nama krama Desa Adat Lambing sangat berterima kasih atas bantuan Bapak Bupati dan DPRD Badung. Tentunya kami harapkan Bupati terus memberikan tuntunan serta bantuan untuk kelanjutan pembangunan di Desa Adat Lambing. Kami bersama masyarakat akan selalu siap mendukung program dari Pemkab Badung, " tegasnya.
                A. A. Bagus Mahardika juga menyampaikan rencana pembangunan kedepan, pada tahun 2019 akan melaksanakan pembangunan di Pura Puseh lan Desa, meliputi pembangunan tembok penyengker, penataan natar pura, dan bale panjang di sebelah Timur Pura Desa. Setelah selesai pembangunan tersebut, di tahun 2020 juga direncanakan melaksanakan karya padudusan agung di Pura Desa dan Puseh. Selain itu pihaknya juga akan mengadakan pengamanan pura dan pelaba pura dengan melakukan penyenderan, karena lokasi pura dan pelaba pura berada disisi jurang.
     
    Caption :
     
    Bupati Nyoman Giri Prasta menyerahkan dana hibah sebesar Rp. 1 Miliar kepada Desa Adat Lambing, Desa Sibangkaja, Kecamatan Abiansemal di Pura Dalem, Selasa (4/7) malam lalu.
     
     
     
     
     
     
     
     
     
     
     
     
     
     
     
     
     
     
     
     
     
     
     
     
     
     
     
     
     
     
     
     
     
     
     
     
     
     
     
     
     
     
     
     
     
     
     
     
     
     
     
     
     
     
     
     
     
     
     
     
     
     
     
     
     
     
     
     
     
     
     
     
     
     
     
     
     
     
     
     
     
     
     
     
     
     
     
     
     
     
     
     
     
     
     
     
     
     
     
     
     
     
     
     
     
     
     
     
     
     
     

    Bagikan
...

TENTANG

Pemerintah Kabupaten Badung

Ini adalah website resmi Pemerintah Kabupaten Badung, Bali, Indonesia.

Alamat
Jl.Raya Sempidi, Mangupura, Badung, 80351 Bali.

Media Sosial

KONTAK KAMI

  • Jl.Raya Sempidi, Mangupura, Badung, Bali.

  • (0361) 9009333

  • setda@badungkab.go.id

  • www.badungkab.go.id

FACEBOOK