Informasi › Berita
  • Hadiri Karya Memukur Warga Pande Badung di Mengwi, Wabup Suiasa Serahkan Dana Hibah 400 Juta

    Admin

    Senin, 3 Juli 2017 01:00 WITA

    Hadiri Karya Memukur Warga Pande Badung di Mengwi, Wabup Suiasa Serahkan Dana Hibah 400 Juta
    Foto : Hadiri Karya Memukur Warga Pande Badung Di Mengwi, Wabup Suiasa Serahkan Dana Hibah 400 Juta
    Wakil Bupati Badung Drs. I Ketut Suiasa, SH, Kamis (22/6) menghadiri Karya Memukur/Nyekah, Mepetik, lan Bayuh Sapuh Leger, Maha Semaya Warga Pande (MSWP) Kabupaten Badung di Banjar Pandean, Mengwi. Guna mendukung karya tersebut, Wabup. Suiasa menyerahkan dana hibah Pemkab Badung sebesar Rp. 400 juta yang diterima Ketua Panitia I Nengah Usdek Maharipa. Karya tersebut dihadiri anggota DPRD Badung I Nyoman Satria, Penglingsir Puri Ageng Mengwi A.A. Gde Agung, Camat Mengwi beserta Tripika Kecamatan, perwakilan Dinas Kebudayaan, PHDI, Perbekel dan Bendesa Adat Mengwi, para Kelian Banjar, MSWP Provinsi Bali dan Kabupaten Badung.
           Ketua Panitia I Nengah Usdek Maharipa didampingi Ketua MSWP Badung I Made Pande Sukayasa melaporkan, terkait dengan karya ini sebelumnya MSWP Kabupaten Badung telah memberitahu kepada MSWP masing-masing kecamatan untuk menyampaikan kepada warga Pande di Badung. Memukur kali ini diikuti sebanyak 37 sawa, sementara mepandes diikuti 130, mepetik 80 orang, mebayuh sapuh leger baru terdaftar sebanyak 15 orang. Biaya upacara bersumber dari bantuan hibah Bupati Badung sebesar 400 juta serta dana punia dari peserta. Tujuan karya memukur ini untuk melaksanakan bhisama leluhur. Diharapkan melalui karya ini semakin meningkatkan rasa pesemetonan warga Pande.
           Ditambahkan untuk dudonan karya memukur telah dimulai sejak 9 Juni lalu dengan matur piuning, ngeruak dan nanceb surya gede. Pada wraspati pon uye, 22 Juni dilaksanakan upacara mecaru, mendak don bingin, ngajum sekah, pasupati sekah, ngening, purwa daksina. Sementara pada 23 Juni dilaksanakan upacara metatah, pemukuran/pengaskaran, pejayan-jayan, pralina dan ngeseng puspa. 24 Juni nganyut, nyegara gunung, mepamit ring sang paruhita, nangkilin ring pura Puseh Desa, Dalem selanjutnya budal ke Merajan soang-soang. Sedangkan pada sukra wage wayang 28 Juli dilaksanakan upacara bayuh sapuh leger.
           Wabup. Suiasa atas nama pemerintah menyampaikan terima kasih dan mengapresiasi pelaksanaan karya pitra dan manusa yadnya ini. Hal ini sejalan dengan komitmen Pemkab Badung dalam upaya melestarikan seni, adat agama dan budaya di Kabipaten Badung. "Sebagai pemerintah kami hadir untuk ikut ngerastitiang, semoga pelaksanaan yadnya dapat berjalan lancar sesuai dengan harapan. Selain ngrastitiang, pemerintah merasa senang karena juga dapat membantu pelaksanaan yadnya melalui bantuan hibah ini," terangnya. Dikatakan, melalui karya Memukur ini sebagai wujud membayar hutang secara niskala kepada leluhur. Selain itu nyekah bersama ini juga dapat meningkatkan rasa persatuan dan pasemetonan terutamanya warga pande di Kabupaten Badung.
     
     
    Caption.
    Wakil Bupati Badung Drs. I Ketut Suiasa, SH, bersama anggota DPRD Badung I Nyoman Satria, Kamis (22/6) menghadiri sekaligus menyerahkan dana hibah Pemkab Badung sebesar Rp. 400 juta serangkaian Karya Memukur/Nyekah, Mepetik, lan Bayuh Sapuh Leger, Maha Semaya Warga Pande (MSWP) Kabupaten Badung di Banjar Pandean, Mengwi.
     
     
     
     
     
     
     
     
     
     
     
     
     
     
     
     
     
     
     
     
     
     

    Bagikan
...

TENTANG

Pemerintah Kabupaten Badung

Ini adalah website resmi Pemerintah Kabupaten Badung, Bali, Indonesia.

Alamat
Jl.Raya Sempidi, Mangupura, Badung, 80351 Bali.

Media Sosial

KONTAK KAMI

  • Jl.Raya Sempidi, Mangupura, Badung, Bali.

  • (0361) 9009333

  • setda@badungkab.go.id

  • www.badungkab.go.id

FACEBOOK