Informasi › Berita
  • Wabup Suiasa Hadiri Upacara Metatah di Pura Dalem Mpuhaji, Sibang Gede

    Admin

    Selasa, 2 Mei 2017 01:00 WITA

    Wabup Suiasa Hadiri Upacara Metatah di Pura Dalem Mpuhaji, Sibang Gede
    Foto : Wabup Suiasa Hadiri Upacara Metatah Di Pura Dalem Mpuhaji, Sibang Gede
    Wakil Bupati Badung I Ketut Suiasa menghadiri upacara metatah/potong gigi dalam rangka karya melaspas, mendem pedagingan, rsigana, pedudusan agung menawa ratna, mepedanan, caru balik sumpah madia di Pura Dalem Mphuaji Br. Bantas, Desa Sibang Gede, Kec. Abiansemal, Senin (1/5) kemarin. Wabup. Suiasa didampingi anggota DPRD Badung I Nyoman Gede Wiradana, Dirut RSUD Mangusada Badung Nyoman Gunarta, Camat Abiansemal Putu Ngr.  Thomas Yuniarta beserta muspika kec abiansemal, perbekel Sibanggede Wayan Darmika, kelian dinas se-desa Sibanggede dan krama pemaksan.
            Wakil Bupati badung Ketut Suiasa melakukan persembahyangan bersama dan menghaturkan dana punia sebesar 10 juta. Beliau menyampaikan terima kasih atas semangat krama pemaksan pura yang telah menjalankan swadarmaning agama berupa upacara dewa yadnya maupun manusa yadnya. " Yadnya seperti ini sangat tepat dijalankan oleh krama pengempon Pura Dalem Mphuaji Desa Sibang Gede. Pemerintah akan selalu mendukung upaya krama dalam rangka melestarikan seni, adat, agama dan budaya," terangnya.
            Ketua panitia karya Nyoman Nuadiana melaporkan metatah/potong gigi ini adalah edan karya melaspas mendem pedagingan pedudusan agung menawa ratna tawur balik sumpah madia. Puncak karya telah dilaksanakan pada Rabu (26/4) lalu. Pada Senin (1/5) dilanjutkan dengan prosesi metatah/potong gigi oleh krama pemaksan, dalam prosesi potong gigi yang diikuti oleh 33 orang, terdiri dari 22 orang putra dan 11 orang putri dengan 10 orang sangging yang diantaranya sangging brahmana walaka dari gria dalem sibang gede. Dalam upacara ini menghaturkan upakara peragambal jangkep, upacara astabaya dan nirbaya, yang dipuput Ida Pedanda Putra Dalem Griq Sibanggede. Untuk biaya metatah/potong gigi dikenakan biaya Rp 1 juta per orang. Pengempon Pura Dalem Mpuhaji berjumlah 12 sepaon atau 90 KK.
     
    Caption.
    Wakil Bupati Badung I Ketut Suiasa menghadiri upacara metatah/potong gigi di Pura Dalem Mphuaji Br. Bantas, Desa Sibanggede, Kec. Abiansemal, Senin (1/5) kemarin.
     
     
     
     
     
     
     
     
     
     
     
     
     
     
     
     
     
     

    Bagikan
...

TENTANG

Pemerintah Kabupaten Badung

Ini adalah website resmi Pemerintah Kabupaten Badung, Bali, Indonesia.

Alamat
Jl.Raya Sempidi, Mangupura, Badung, 80351 Bali.

Media Sosial

KONTAK KAMI

  • Jl.Raya Sempidi, Mangupura, Badung, Bali.

  • (0361) 9009333

  • setda@badungkab.go.id

  • www.badungkab.go.id

FACEBOOK