Informasi › Berita
  • Bupati Giri Prasta Tantang Listibiya Buat Tari Kreasi Baru

    Admin

    Selasa, 25 April 2017 01:00 WITA

    Bupati Giri Prasta Tantang Listibiya Buat Tari Kreasi Baru
    Foto : Bupati Giri Prasta Tantang Listibiya Buat Tari Kreasi Baru

    Usai membuka Munas II IKAWANGI, Bupati Badung berkesempatan menghadiri Sarasehan Listibiya yang mengangkat tema Pengembangan Pelatihan Seni Budaya Khususnya Tari Topeng dan Pertunjukan Wayang Kulit di Era Globalisasi di Gedung Kesenian Lotring Kecamatan Kuta, Minggu (23/4) yang lalu. Sarasehan ini dibuka oleh Kadis Kebudayaan , Ida Bagus Anom Bhasma. Hadir dalam kesempatan tersebut Kabag Humas Nyoman Sujendra, Camat Kuta Gede Rai Wijaya, Sekcam Kuta Gede Arta, Ketua Listibiya Kabupaten Badung I Gst. Ngurah Artawan, Listibiya Kuta I Gst Made Raka Bawa, Bendesa Desa Adat kuta Swarsa, LPM Kuta I Gst. Agung Made Agung , serta narasumber I.B Mambal sebagi Pegiat Wayang, I Gst. Ngurah Windia yang merupakan sesepuh Topeng Tugek Carangsari serta pembawa makalah Prof. DR. I Nyoman Sedana, MM.

    Dalam kesempatan tersebut Bupati Badung Giri Prasta menantang Listibiya Kabupaten Badung  untuk membuat tari kreasi baru yang menceritakan sejarah masa lalu dan sekarang. “Pemerintah Kabupaten Badung sangat peduli dengan seni dan budaya diantaranya dengan dibangunnya Gedung Kesenian yang bertaraf Internasional dengan kapasitas 2.000 an pononton di areal Pusat Pemerintahan Kabupaten Badung. Pakailah gedung itu untuk mempertunjukkan even-even seni yang di prakarsai oleh masing-masing Listibiya Kecamatan yang salah satunya menunjukka tari kresi baru maupun tabuh kreasi baru. Apakah Listibiya sanggup menciptakan yang baru,” tantang Giri Prasta.

    Lebih lanjut  Giri Prasta mengatakan Pemerintah Kabupaten Badung menginginkan terwujudnya ‘pengarusutamaan kebudayan’ di Kabupaten Badung yaitu semua pembangunan fisik di Kabupaten Badung harus mencerminkan filosofi budaya dan adat Bali sehingga kedepannya  tidak menghilangkan karakteristik adat dan budaya yang bernafaskan hindu. “Hal ini perlu dilakukan karena Bali memiliki karakteristik budaya yang unik yang menyebabkan  wisatawan gemar  mengunjungi Bali dan ini merupakan tugas kita bekerjasama dengan Listibiya Kabupaten Badung untuk tetap mengajegkan seni dan budaya Bali,” ungkapnya.

    Sementara itu Ketua Listibiya Kabupaten Badung  I Gst. Ngurah Artawan mengungkapkan tujuan dari sarasehan ini adalah untuk pengembangan dan pelestarian seni budaya khususnya tari topeng dan wayang kulit di era globalisasi dengan bekerjasama antar Listibiya Kabupaten Badung dengan Listibiya Kecamatan Kuta guna menggugah generasi muda untuk ikut melestarikan seni budaya khusunya tari topeng dan wayang kulit.

     Caption.

    Bupati Badung Nyoman Giri Prasta menghadiri Sarasehan Listibiya di Gedung Kesenian Lotring Kecamatan Kuta, Minggu (23/4) yang lalu.

     

     

     

     

     

     

     

     

     

     

     

     

     

     


    Bagikan
...

TENTANG

Pemerintah Kabupaten Badung

Ini adalah website resmi Pemerintah Kabupaten Badung, Bali, Indonesia.

Alamat
Jl.Raya Sempidi, Mangupura, Badung, 80351 Bali.

Media Sosial

KONTAK KAMI

  • Jl.Raya Sempidi, Mangupura, Badung, Bali.

  • (0361) 9009333

  • setda@badungkab.go.id

  • www.badungkab.go.id

FACEBOOK