Informasi › Berita
  • Kecamatan Mengwi Gelar Apel Pengamanan Nyepi

    Admin

    Rabu, 22 Maret 2017 01:00 WITA

    Kecamatan Mengwi Gelar Apel Pengamanan Nyepi
    Foto : Kecamatan Mengwi Gelar Apel Pengamanan Nyepi

    Kecamatan Mengwi menggelar apel bersama dalam rangka pengamanan rangkaian hari suci Nyepi 1939 tahun 2017, Selasa (21/3) di lapangan umum Mengwi. Selaku Inspektur Upacara Wakil Bupati Badung diwakili Kasatpol PP Badung I Ketut Martha dengan Komandan Upacara Ipda. Pol I Ketut Nariawan dari Polsek Mengwi. Apel diikuti Camat Mengwi I Gst. Ngr. Gede Jaya Saputra, Kapolsek Mengwi Kompol I Nengah Patrem, Danramil 1611-04 Mengwi Mayor ARH. Lastanto Putro, jajaran Polsek Mengwi, Koramil Mengwi, Satpol PP, Bendesa Adat, Perbekel/Lurah, Pecalang serta petugas ambulance siaga Desa se-Kecamatan Mengwi.

                Wakil Bupati Badung dalam sambutannya yang dibacakan Kastpol PP Ketut Martha menekankan bahwa apel bersama ini bertujuan untuk menyatukan visi, misi dan komitmen dalam mewujudkan keamanan di wilayah Kabupaten Badung khususnya di Kecamatan Mengwi bertalian dengan pengamanan rangkaian Nyepi tahun baru caka 1939 serta Galungan dan Kuningan. Disebutkan, rangkaian upacara Nyepi meputi melasti, tawur agung kesanga, pawai ogoh-ogoh pada malam pengerupukan, tapa brata penyepian dan ngembak geni. "Rangkaian Nyepi diawali dengan upacara melasti. Mengantisipasi berkumpulnya masyarakat menuju kawasan pantai, kita harus melakukan antisipasi dan pengamanan baik itu pengamanan lalu lintas maupun pengamanan kawasan pantai sebagai tempat melasti," jelasnya. Selanjutnya dilaksanakan upacara tawur agung kesanga di setiap catus pata Desa Adat. Pada sorenya yang sangat penting harus diberikan perhatian adalah pawai ogoh-ogoh yang waktunya hampir bersamaan di seluruh Desa Adat di Kecamatan Mengwi. Untuk mengantisipasi terjadinya keributan yang berawal dari konsumsi miras, pimpinan Polri sangat berharap besar kepada para pecalang dan komponen pengamanan adat lainnya untuk melakukan penanggulangan terhadap masyarakat di Desa masing-masing agar tidak menjual-belikan miras. "Selain miras yang dilarang oleh undang-undang, kami juga berharap para pecalang dan pengamanan di desa juga dapat membantu Polri dalam upaya memberantas penyalahgunaan narkoba, demi menyelamatkan generasi muda kita," tambahnya.
                 Untuk mengantisipasi hal yang tidak diinginkan, porsenil Polri akan hadir disetiap desa adat untuk melakukan pengamanan sampai kegiatan masyarakat yang berkaitan dengan malam pengerupukan tersebut benar-benar selesai. Sementara puncak hari Nyepi yakni pelaksanaan Catur Brata Penyepian diharapkan dapat dilaksanakan dengan baik. Untuk itu tingkatkan sinergitas antara TNI/Polri dengan Pecalang guna terciptanya pengertian antar sesama umat sehingga tidak menimbulkan permasalahan ditengah-tengah pelaksanaan kegiatan keagamaan. "Pemkab Badung senantiasa akan mendukung TNI/Polri dan pecalang dalam menciptakan keamanan di Kabupaten Badung. Mari kita ciptakan keamanan dengan bekerja keras oleh semua komponen masyarakat," pungkasnya.
     
    Caption :
     
    Camat Mengwi I Gst. Ngr. Gede Jaya Saputra seusai apel bersama dalam rangka pengamanan rangkaian hari suci Nyepi 1939 tahun 2017, Selasa (21/3) di lapangan umum Mengwi.
     
     
     
     
     
     
     
     
     
     
     
     
     
     
     
     
     
     

    Bagikan
...

TENTANG

Pemerintah Kabupaten Badung

Ini adalah website resmi Pemerintah Kabupaten Badung, Bali, Indonesia.

Alamat
Jl.Raya Sempidi, Mangupura, Badung, 80351 Bali.

Media Sosial

KONTAK KAMI

  • Jl.Raya Sempidi, Mangupura, Badung, Bali.

  • (0361) 9009333

  • setda@badungkab.go.id

  • www.badungkab.go.id

FACEBOOK