Informasi › Berita
  • Bupati Mendem Pedagingan di Pelinggih Melanting, Br. Sengguan Penarungan

    Admin

    Senin, 13 Maret 2017 01:00 WITA

    Bupati Mendem Pedagingan di Pelinggih Melanting, Br. Sengguan Penarungan
    Foto : Bupati Mendem Pedagingan Di Pelinggih Melanting, Br. Sengguan Penarungan
    Serangkaian rampungnya pembangunan gedong pesimpenan Ratu Gede dan Ratu Mas, Pura Melanting Br. Sengguan, Desa Penarungan Kec. Mengwi, Sabtu (11/3) dilaksanakan karya melaspas dan mendem pedagingan. Karya melaspas dipuput Ida Peranda Gria Agung Abiansemal dan dihadiri Bupati Badung I Nyoman Giri Prasta, anggota DPRD Badung I Wayan Suyasa, Camat Mengwi I Gst Ngr Gede Jaya Saputra, tripika Kecamatan Mengwi, Perbekel Penarungan Ni Wayan Kerni, Bendesa Adat Penarungan I Made Widiada tokoh masyarakat dan krama setempat.
               Bupati Giri Prasta menyampaikan apresiasi dan mendukung karya melaspas dan mendem pedagingan ini. Sebagai bentuk dukungan dan wujud bhakti Pemkab Badung, Bupati bersama-sama masyarakat ngerastitiang, memohon kehadapan Ida Sang Hyang Widhi Wasa semoga senantiasa menganugerahkan keselamatan.
             Lebih lanjut Giri Prasta mengatakan RPJMD semesta berencana Badung 2016-2021 menetapkan lima program skala prioritas. Yang meliputi sandang, pangan dan papan, kesehatan dan pendidikan, jaminan sosial dan tenaga kerja, seni, adat, Agama dan Budaya serta Pariwisata. Untuk lima tahun kedepan jelasnya, Pemkab memperioritaskan pembangunan di Desa, dan memberdayakan sekaa serta kelompok di Desa/Kelurahan. "Kami berkomitmen mewujudkan  Desa yang mandiri dan berdikari, berdiri di atas kaki sendiri. Untuk itu pemerintah Desa, kelurahan maupun masyarakat agar menggali potensi yang ada. Pemkab siap mendukung agar mampu meningkatkan perekonomian dan kesejahteraan masyarakat," jelasnya. Dalam  kesempatan tersebut Bupati mendem pedagingan di Pelinggih Gedong Pesimpenan dan dilanjutkan sembahyang bersama. Diakhir acara Bupati Giri Prasta menyerahkan punia Rp. 25 juta yang diterima ketua panitia.
              Sementara Ketua panitia Putu Maniaka melaporkan pemugaran Gedong Pesimpenan Ratu Gede dan Ratu Mas dimulai dari bulan Oktober 2016 dan berakhir Maret 2017, dengan menghabiskan dana untuk pembangunan fisik sebesar Rp. 600 juta. Adapun sumber dana yang diperoleh untuk pembangunan Gedong tersebut yakni dari iuran 300 KK krama br Sengguan, APBDes desa Penarungan Rp. 65 juta, bantuan DPRD Badung Rp. 25 juta dan dari donatur. Sementara untuk dana upacara menghabiskan biaya  sebesar Rp. 50 juta. Serana upacara yang dihaturkan  yakni paragembal, bebangkit 4, dan caru ayam lima. Dudonan karya melaspas mendem pedagingan telah dimulai pada selasa (7/3) nanceb panggung, rabu (8/3) nyamuh, kamis (9/3) ngarianan ulam, jumat (10/3) melasti, sabtu (11/3) puncak karya, dan ide batara nyejer tiga hari minggu (12/3) sampai selasa (14/3)  dan langsung kesineb.
     
    Caption.
    Serangkaian rampungnya pembangunan Gedong Pesimpenan Ratu Gede dan Ratu Mas, Pura Melanting Br. Sengguan, Desa Penarungan kec. Mengwi, Sabtu (11/3) dilaksanakan karya melaspas dan mendem pedagingan.
     
     
     
     
     
     
     
     
     
     
     
     
     
     
     
     
     
     
     
     
     
     
     
     
     
     
     
     
     
     
     
     
     
     
     
     
     
     
     
     
     
     
     
     

    Bagikan
...

TENTANG

Pemerintah Kabupaten Badung

Ini adalah website resmi Pemerintah Kabupaten Badung, Bali, Indonesia.

Alamat
Jl.Raya Sempidi, Mangupura, Badung, 80351 Bali.

Media Sosial

KONTAK KAMI

  • Jl.Raya Sempidi, Mangupura, Badung, Bali.

  • (0361) 9009333

  • setda@badungkab.go.id

  • www.badungkab.go.id

FACEBOOK