Informasi › Berita
  • Hadiri Pediksan di Griya Simpangan Manuaba Gulingan, Wabup. Suiasa Sematkan Insinye Sulinggih

    Admin

    Jumat, 17 Februari 2017 01:00 WITA

    Hadiri Pediksan di Griya Simpangan Manuaba Gulingan, Wabup. Suiasa Sematkan Insinye Sulinggih
    Foto : Hadiri Pediksan Di Griya Simpangan Manuaba Gulingan, Wabup. Suiasa Sematkan Insinye Sulinggih

           IB. Gde Kartika Manuaba dan Ni Putu Respini (Jro Arsa) dari Griya Simpangan Manuaba, Br. Sedahan Desa Gulingan melakukan upakara Pediksan. Upacara Pediksan dengan Nabe Ida Pedanda dari Griya Sideman Gulingan ini dihadiri Wakil Bupati Badung I Ketut Suiasa, Kadis Kebudayaan IB. Anom Bhasma, Camat Mengwi I Gst. Ngr. Gede Jaya Saputra, Sekretaris PHDI I Wayan Sukarya, dari Kementrian Agama Kabupaten Badung, Pengelingsir Puri Ageng Mengwi AA. Gde Agung, Perbekel Gulingan I Wayan Dharmaja dan Pasemetonan Griya serta tokoh masyarakat setempat. Kamis (16/2).

           Pada kesempatan tersebut Wakil Bupati Badung I Ketut Suiasa melakukan penyematan Insinye kepada Ida Pedanda yang baru didiksa dan mengaturkan punia sebesar Rp. 50 juta. Wabup. Suiasa menyampaikan, setelah dilaksanakan upacara diksa pariksa beberapa hari yang lalu, maka mulai sekarang Beliau dapat melaksanakan tugasnya sebagai Brahmana. Dengan diperbolehkan melaksanakan tugas kebrahmanan ini diharapkan dapat melaksanakan swadarma untuk menuntun umat sedharma khususnya di Kabupaten Badung agar kegiatan keagamaan dapat ajeg sesuai sastra agama. Dikatakan, Pemerintah Kabupaten Badung dalam melaksanakan pelestarian adat, agama dan budaya juga mengharapkan peran aktif para Sulinggih untuk ikut serta memberikan petunjuk-petunjuk agar pelestarian adat, agama dan budaya seni dapat terlaksana dengan baik.

           Sementara itu Pemucuk Karya IB. Anom Manuaba melaporkan, pelaksanaan pediksan telah berjalan dengan baik dan lancar berkat pasuwecan Ida Sang Hyang Widhi Wasa, begitu pula berkat petunjuk dari Guru Nabe, Guru Waktra, Guru Saksi, Ratu Pedanda Lanang Istri, para Nayaka, para Manggala, para Pemangku, krama banjar dan Pasemetonan. Setelah melakukan upacara Pedikasan IB. Gde Kartika Manuaba diberi nama (mabiseka) Ida Pedanda Gede Singarsa dan Ni Putu Respini diberi nama Jro Istri Patmini.

     

     

     

     

     

     

     

     

     

     

     

     

     

     

     

     

     

     

     

     

     

     

     

     

    Wakil Bupati Badung I Ketut Suiasa disaat menghadiri upakara Pediksan IB. Gde Kartika Manuaba dan Ni Putu Respini (Jro Arsa) dari Griya Simpangan Manuaba, Br. Sedahan Desa Gulingan, Kamis (16/2).


    Bagikan
...

TENTANG

Pemerintah Kabupaten Badung

Ini adalah website resmi Pemerintah Kabupaten Badung, Bali, Indonesia.

Alamat
Jl.Raya Sempidi, Mangupura, Badung, 80351 Bali.

Media Sosial

KONTAK KAMI

  • Jl.Raya Sempidi, Mangupura, Badung, Bali.

  • (0361) 9009333

  • setda@badungkab.go.id

  • www.badungkab.go.id

FACEBOOK