Informasi › Berita
  • Karya Ngenteg Linggih di Pura Purna Beji Kayangan Tiga Desa Adat Mengwi, Bupati Giri Prasta Serahkan Hibah Rp 625 Juta

    Admin

    Jumat, 17 Februari 2017 01:00 WITA

    Karya Ngenteg Linggih di Pura Purna Beji Kayangan Tiga Desa Adat Mengwi, Bupati Giri Prasta Serahkan Hibah Rp 625 Juta
    Foto : Karya Ngenteg Linggih Di Pura Purna Beji Kayangan Tiga Desa Adat Mengwi, Bupati Giri Prasta Serahkan Hibah Rp 625 Juta

           Serangkaian rampungnya pembangunan pelingih di Pura Purna Beji Kayangan Tiga Desa Adat Mengwi, Kecamatan Mengwi, Rabu (15/2), dilaksanakan karya tugtug bulan pitung dina serangkaian memungkah ngenteg lingih mepedudusan agung caru balik sumpah. Karya ini di-puput Ida Peranda Gria Timbul Mengwi dan dihadiri oleh Bupati Badung I Nyoman Giri Prasta, Ketua Komisi III Nyoman Satria, Camat Mengwi IGN Gede Jaya Saputra, Perebekel Mengwi Ketut Umbara, Bendesa Adat Mengwi Ida Bagus Anom, Penglingsir Puri Ageng Mengwi AA Gde Agung dan tokoh masyarakat.

          Bupati Badung Nyoman Giri Prasta menyampaikan apresiasi dan mendukung karya di Pura Purna Taman Beji yang merupakan pura khayangan tiga Desa Adat Mengwi. Sebagai bentuk dukungan dan wujud bakti Pemkab Badung, Bupati bersama sama masyarakat ngerastitiang, memohon kehadapan yang Ida Sang Hyang Widhi Wasa semoga senantiasa menganugerahkan keselamatan dan kesejahteraan bagi masyarakat. Lebih lanjut Giri Prasta mengatakan, dalam melaksanakan yadnya harus didasari hati yang suci dan tulus iklas.

           Dengan terlaksannya karya ini, semoga masyarakat Banjar Bale Agung dan krama Desa Adat Mengwi mendapatkan keselamatan. "Kalau jagat ini damai dan tentram kita bisa konsentrasi menjalankan swadarma agama untuk mendapatkan hasil yang lebih baik," ujarnya. Usai melaksanakan persembahyangan bersama, Bupati Giri Prasta menyerahkan dana hibah sebesar Rp 625 juta dan punia pribadi sebesar Rp 25 juta yang diterima ketua panitia. Sementara Ketua Panitia Nyoman Delha melaporkan, pemugaran pura dimulai awal tahun 2015 dan berakhir pertengahan 2016, dengan menghabiskan dana untuk pembangunan fisik sebesar Rp 1,8 miliar. Adapun sumberdana yang diperoleh untuk pembangunan pura tersebut yakni dari iuran krama Banjar Delod Bale Agung, dari donatur, APBDes Desa Mengwi Rp 220 juta, APBD Badung tahun 2015 Rp 250 juta. Sementara untuk dana upacara menghabiskan biaya sebesar Rp 800 juta. "Pelinggih yang dibangun diantaranya pelinggih mekel alit, gedong, sambian baler, sambian delod, bale pesandekan, surya saksi,pelinggih gunung agung, pelinggih luwur, tembok penyengker, dan candi bentar,"terang Delha.

     

     

     

     

     

     

     

     

     

     

     

     

    Bupati Giri Prasta menyerahkan punia disaksikan Ketua Komisi III Nyoman Satria dan Penglingsir Puri Ageng Mengwi A.A. Gde Agung di Pura Purna Beji Kayangan Tiga Desa Adat Mengwi Kec. Mengwi, Rabu (15/2) kemarin.


    Bagikan
...

TENTANG

Pemerintah Kabupaten Badung

Ini adalah website resmi Pemerintah Kabupaten Badung, Bali, Indonesia.

Alamat
Jl.Raya Sempidi, Mangupura, Badung, 80351 Bali.

Media Sosial

KONTAK KAMI

  • Jl.Raya Sempidi, Mangupura, Badung, Bali.

  • (0361) 9009333

  • setda@badungkab.go.id

  • www.badungkab.go.id

FACEBOOK