Informasi › Berita
  • Wabup Suiasa Hadiri Piodalan di Pura Luhur Gunung Payung

    Admin

    Minggu, 12 Februari 2017 01:00 WITA

    Wabup Suiasa Hadiri Piodalan di Pura Luhur Gunung Payung
    Foto : Wabup Suiasa Hadiri Piodalan Di Pura Luhur Gunung Payung

              Pura Luhur Gunung Payung yang terletak di Desa Adat Kutuh, Kuta Selatan, Sabtu (11/2) lalu bertepatan dengan purnama sasih kaulu pada saniscara pahing Ukir melaksanakan karya Piodalan. Pujawali di Pura Gunung Payung yang termasuk pura Dang Khayangan itu dihadiri Wakil Ketua DPRD Badung Nyoman Kariana,anggota DPRD Badung Dapil Kuta selatan yang juga sesepuh DesaAdat Kutuh Jro Nyoman Mesir, Camat Kuta Selatan Wayan Wirya , Lurah Benoa Wayan Solo, Perbekel tokoh masyarakat Desa Adat kutuh serta pemedek desa setempat.

              Ketua panitia karya I Nyoman Darka Yasa menyampaikan, piodalan dilaksanakan setiap enam bulan sekali. "Pujawali dengan bulan purnama merupakan piodalan nadi, pemedek yang tangkil tidak hanya berasal dari Kuta Selatan Saja melainkan juga dari luar Badung ”ucapnya.

              Usai melaksanakan persembahyangan bersama, Wabup I Ketut Suiasa menyampaikan, melalui persembahyangan dan doa bersama ini untuk memohon kerahayuan Jagat Desa Adat Kutuh, Badung dan Bali pada umumnya dapat terwujud. Kehadirannya untuk mewakili pemerintah ditengah masyarakat tentunya untuk mengajak seluruh masyarakat se-Darma untuk tidak henti hentinya melakukan bakti kehadapan Hyang maha Kuasa, agar Bali tetap ajeg tentu bersama seni dan budayanya.

              Dengan meningkatkan komunikasi dan koordinasi, sehingga permasalahan yang ada dapat dipecahkan bersama. "Saya berharap kepada semua pihak untuk selalu meningkatkan kebersamaan dengan mengedepankan komunikasi dan koordinasi, sehingga pelaksanaan pujawali ini dapat berjalan lancar sesuai harapan kita semua," ucapnya. Seberat apapun kalau pelaksanaan upakara dan upacara yang dilakulan secara bersama-sama dengan saling "pekedek pekenyem" niscaya ida Sang Hyang Embang yang beristana di Pura Luhur Gunung Payung akan memberikan kerahayuan kepada masyarakatnya. "Karena upacara yadnya itu merupakan suatu pengorbanan yang tulus iklas dari hati sanubari kita yang paling dalam maka laksanakanlah yadnya ini untuk tunjukkan bhakti kita dengan iklas kepada Hyang Prama Wisesa" imbuhnya.

              Dalam kesempatan tersebut wakil Bupati, I Ketut Suiasa mapunia Rp. 200 juta. yang diterima ketua panitia piodalan I Nyoman Darka Yasa.

     

     

     

     

     

     

     

     

     

     

     

     

     

     

     

     

     

     

     

     

     

     

     

     

     

     

     

     

     

     

     

     

     

     

     

     

     

     

    Caption. Wabup Suiasa Hadiri Piodalan di Pura Gunung Payung Desa Adat Kutuh, Kuta Selatan, Sabtu (11/2) lalu.


    Bagikan
...

TENTANG

Pemerintah Kabupaten Badung

Ini adalah website resmi Pemerintah Kabupaten Badung, Bali, Indonesia.

Alamat
Jl.Raya Sempidi, Mangupura, Badung, 80351 Bali.

Media Sosial

KONTAK KAMI

  • Jl.Raya Sempidi, Mangupura, Badung, Bali.

  • (0361) 9009333

  • setda@badungkab.go.id

  • www.badungkab.go.id

FACEBOOK