Informasi › Berita
  • Sosialisasi Pembentukan Sekolah Aman Bencana di Kab. Badung Tahun 2016

    Admin

    Kamis, 28 Juli 2016 01:00 WITA

    Sosialisasi Pembentukan Sekolah Aman Bencana di Kab. Badung Tahun 2016
    Foto : Sosialisasi Pembentukan Sekolah Aman Bencana Di Kab. Badung Tahun 2016

    Untuk membangun kesiapsiagaan warga sekolah dan masyarakat pesisir akan bahaya tsunami di wilayah Kabupaten Badung, Pemerintah Kabupaten Badung melalui Badan Penanggulangan Bencana Daerah (BPBD) Badung melaksanakan Sosialisasi dan Pembentukan Sekolah Aman Bencana di kab badung Tahun 2016, Kamis (28/7) kemarin yang bertempat di SD Negeri No. 3 Kedonganan, Kecamatan Kuta. Acara dibuka Kepala Pelaksana BPBD Kab. Badung Drs. I Nyoman Wijaya, MM.
    Kepala Pelaksana BPBD I Nyoman Wijaya dalam sambutannya menyampaikan, Kabupaten Badung merupakan salah satu Kabupaten di Bali yang sangat rentan terhadap kemungkinan terjadinya gempa bumi dan tsunami. Zona subduksi yang berjarak kurang lebih 500 km selatan bali adalah kawasan yang dikenal sebagai pemicu terjadinya gempa bumi dan diikuti oleh ancaman tsunami serta memiliki pantai dengan panjang 82 km yang membentang dari daerah selatan (Tanjung Benoa) sampai pantai Seseh Desa Cemagi kecamatan mengwi yang berhadapan langsung dengan Samudera Hindia. Untuk itu kab badung melalui BPBD perlu meningkatkan kesiapsiagaan terhadap tsunami, sehingga masyarakat yang berisiko akan selamat dari ancaman tsunami. Pengembangan kesiapsiagaan tsunami di Kabupaten Badung cukup berjalan dengan baik dan simultan, yang dimulai dari penguatan kelembagaan dan penguatan masyarakat beresiko. Disamping itu Kabupaten Badung melalui BPBD telah mengambil langkah-langkah seperti telah terpasangnya sirine peringatan dini sebanyak 6 buah, bekerja sama dengan forum PRB dan Pusdalops provinsi bali membuat peta evakuasi tsunami di 14 desa/kelurahan, juga berupaya memasang rambu-rambu evakuasi, papan informasi evakuasi tsunami, serta titi kumpul di 14 desa/kelurahan serta mengadakan MoU (kerjasama) dengan dunia usaha khususnya hotel yang memiliki gedung 3 lantai keatas untuk evakuasi vertikal serta sosialisasi terhadap siswa, aparatur Pemerintah dan masyarakat.
    Dengan dilaksanakannya sosialisasi dan pembentukan sekolah aman bencana di kab Badung tahun 2016 di SDN 3 kedonganan dapat menambah pengetahuan dan wawasan serta ketrampilan siswa dan guru dalam mengantisipasi terjadinya bencana. Dan berharap agar selalu terjadi sinkronisasi, sinergitas antara Pemerintah, Masyarakat dan dunia usaha serta warga sekolah dalam rangka mewujudkan kebersamaan dalam mengantisipasi pengurangan resiko bencana di Kabupaten Badung. Serta berharap kegaiatan ini dapat dilaksanakan secara berkelanjutan dan untuk para peserta sosialisasi untuk dapat menginformasikan kepada keluarga atau masyarakat disekililing lingkungan tempat tinggal masing-masing apa yang telah didapat dari mengikuti sosialisasi dan pembentukan sekolah aman bencana.
    Sementara itu ketua panitia I Wayan Netra melaporkan sasaran dari kegiatan sosialisasi ini adalah Guru, Siswa, Pegawai, Penjaga kantin, serta warga sekolah di SDN no. 2, 3 dan 4 Kedonganan, kelurahan Kuta. Tujuan membangun kesiapsiagaan warga sekolah dan masyarakat pesisir akan bahaya tsunami. Peserta pembentukan sekolah aman bencana di kab badung berjumlah 120 orang yang terdiri dari 3 sekolah dari unsur guru, siswa, komite, pegawai sekolah, penjaga sekolah dan tokoh masyarakat sekitar. Kegiatan ini dilaksanakan dalam 2 tahap yaitu penyusunan dokumen kontijensi dan dokumen rencana penanggulangan bencana di tingkat sekolah dan selanjutnya dilaksanakan gladi-gladi seperti breafing pelaku, gladi kotor dan galdi bersih.


    Bagikan
...

TENTANG

Pemerintah Kabupaten Badung

Ini adalah website resmi Pemerintah Kabupaten Badung, Bali, Indonesia.

Alamat
Jl.Raya Sempidi, Mangupura, Badung, 80351 Bali.

Media Sosial

KONTAK KAMI

  • Jl.Raya Sempidi, Mangupura, Badung, Bali.

  • (0361) 9009333

  • setda@badungkab.go.id

  • www.badungkab.go.id

FACEBOOK