Informasi › Berita
  • Badung Gelar Festival Asparagus di Pelaga Dukung Pertanian, Bupati Giri Prasta Siapkan Aplikasi Pertanian

    Admin

    Rabu, 22 Juni 2016 01:00 WITA

    Badung Gelar Festival Asparagus di Pelaga Dukung Pertanian, Bupati Giri Prasta Siapkan Aplikasi Pertanian
    Foto : Badung Gelar Festival Asparagus Di Pelaga Dukung Pertanian, Bupati Giri Prasta Siapkan Aplikasi Pertanian

    Mangupura,

    Pemkab Badung melalui Dinas Koperasi Perindustrian dan Perdagangan (Diskoperindag) kembali menggelar Festival Asparagus  di Desa Pelaga, Kecamatan Petang, Selasa (21/6).
    Festival ketiga itu dihadiri langsung Istri Menteri Koperasi (Menkop) Bintang Puspayoga, Deputi Bidang Produksi dan Pemasaran Kemenkop dan UKM, I Wayan Dipta, Bupati Badung Nyoman Giri Prasta, Ketua DPRD Badung Putu Parwata dan sejumlah pejabat terkait di lingkungan Pemkab Badung.
    Festival sendiri menyajikan berbagai kegiatan yang melibatkan kelompok tani dari seluruh banjar di Desa Pelaga dan Desa Belok Sidan. Diantaranya seperti demo memasak aspatagus, lomba asparagus terpajang, lolmba asparagus jumbo,  lomba putra putri asparagus dan pemilihan buyer asparagus terbaik.
    Bupati Giri Prasta dalam sambutannya menyambut baik festival asparagus tahun 2016 ini.
    Ia mendorong agar asparagus menjadi ikon pertanian di Kabupaten Badung. Pasalnya, asparagus Pelaga sudah menjadi kebutuhan ekspor dan menjadi asparagus terbaik di Asia.
    "Dengan Festival Asparagus ini kami ingin  petani bangga jadi petani. Karena lewat pertanian asparagus, sudah terbukti hidup petani bisa lebih baik," ujarnya.
    Sebagai wujud  dukungan terhadap sektor pertanian, Pemkab Badung bahkan membangun SMK Pertanian di Pelaga. Lewat  sekolah pertanian ini diharapkan mampu mencetak petani-petani handal.
    "Yang jelas kita sangat konsen mengembangkan sektor pertanian ini. Selain membangun SMK Pertanian, kita juga akan meningkatkan bantuan bibit dan pupuk untuk para petani. Dan kami ingin pertanian di Badung kedepan bisa memakai sentuhan teknologi," kata Giri Prasta.
    Berkenaan dengan pertanian juga, pihaknya tengah melakukan kajian pengembangan smart city di bidang pertanian. Giri Prasta bahkan mengaku sudah memerintahkan Dinas Pertanian Perkebunan dan Kehutanan (DP2K) membuat aplijasi sehingga petani dan "buyer" bisa tahu harga-harga produk pertanian di Kabupaten Badung. Ini tujuan agar hasil produksi petani tidak dipermainkan oleh tengkulak. "Nanti lewat aplikasi pertanian itu, kami ingin petani untung, tengkulak juga untung," tandasnya.
    Deputi Bidang Produksi dan Pemasaran Kemenkop UKM, Wayan Dipta juga mengaku bangga melihat perkembangan OVOP Pelaga dengan ikon asparagusnya. Menurutnya keberhasilan petani asparagus di ujung utara Kabupaten Badung ini tak terlepas dari dukungan Pemkab Badung yang begitu serius mendorong para petaninya mengembangkan asparagus.
    "Kami bangga sekali dengan perkembangan OVOP di Badung. Keberhasilan OVOP ini tak lepas dari dukungan Bupati Badung. Jadi tidak salah  ICDF (international cooperation development fund) memilih Badung," katanya.
    Sementara Kepala Diskoperindag Badung, Ketut Karpiana dalam laporannya mengatakan bahwa festival asparagus ini bertujuan untuk memotivasi para petani khususnya kelompok Koperasi Tani Mertanadi agar terus mengembangkan pertanian asparagus baik secara kualitas maupun kuantitas.
    Untuk kualitas Karpaiana mengatakan asparagus Pelaga menjadi asparagus terbaik di Asia. Saat ini pertanian jenis ini sudah berhasil dikembangkan di lahan seluas 60 ha di Desa Pelaga.
    "Meski asparagus bukan tananam asli Indonesia, namun asparagus sudah berhasil ditanam di lahan seluas 60 hektar di Desa Pelaga. Dan setiap tahun luasnya terus bertambah," ujarnya.
    Dari segi budidaya kualitas dan pemasaran, asparagus Pelaga juga memberikan dampak positif bagi kehidupan para petani. Terlebih sekarang Bupati Badung memberikan bantuan dana sebesar Rp 400 juta untuk pembelian bibit langsung dari Amerika.
    "Dengan bertani asparagus pendapatan petani rata-rata bisa Rp 400 sampai-500 ribu per hari," kata Karpiana.
     
     

    Bagikan
...

TENTANG

Pemerintah Kabupaten Badung

Ini adalah website resmi Pemerintah Kabupaten Badung, Bali, Indonesia.

Alamat
Jl.Raya Sempidi, Mangupura, Badung, 80351 Bali.

Media Sosial

KONTAK KAMI

  • Jl.Raya Sempidi, Mangupura, Badung, Bali.

  • (0361) 9009333

  • setda@badungkab.go.id

  • www.badungkab.go.id

FACEBOOK