Informasi › Berita
  • Sekda Badung Dukung PPBN Digelorakan di Sekolah

    Admin

    Rabu, 1 Juni 2016 01:00 WITA

    Sekda Badung Dukung PPBN Digelorakan di Sekolah
    Foto : Sekda Badung Dukung Ppbn Digelorakan Di Sekolah

    Semakin pudarnya pemahaman masyarakat khususnya para pelajar terhadap nilai-nilai pancasila dan bela negara, menuntut pemerintah dan semua pihak untuk kembali menggelorakan pendidikan pancasila dan bela negara di sekolah. Salah satu upaya yang dilakukan dimana Pemerintah kabupaten Badung bekerjasama dengan Korps Menwa Ugrasena Bali, Dewan Harian Daerah (DHD) Angkatan 45 Provinsi Bali, Monumen Perjungan Bangsal dan Gerakan Nasional Pembudayaan Pancasila (GNPP) Bali untuk kembali memberikan Pendidikan Pendahuluan Bela Negara (PPBN) tingkat pelajar bagi siswa TK hingga SMA/SMK se-Kabupaten Badung. "Kami Pemkab Badung sangat mendukung program PPBN digelorakan di Sekolah di Badung, yang digagas oleh Menwa Ugrasena Bali bersama DHD Angkatan 45 Provinsi Bali, Monumen Perjungan Bangsal dan GNPP Bali ini," kata Sekretarais Daerah Kabupaten Badung Kompyang R. Swandika saat menerima audiensi Menwa Ugrasena Bali, DHD Angkatan 45, Monumen Perjungan Bangsal dan GNPP Bali di Puspem Badung, Selasa (31/5) kemarin. Pembukaan PPBN tingkat Pelajar di Badung ini dilaksanakan bertepatan dengan Hari Kesaktian Pancasila, 1 Juni 2016 ini melalui Apel Peringatan di Lapangan Puspem Badung. Usai apel dilanjutkan arak-arakan di sekitar Puspem Badung dengan membentangkan spanduk sepanjang 333 meter berisikan tandatangan.

                Sekda badung Kompyang R. Swandika menekankan bahwa meneruskan dan melestarikan nilai-nilai kejuangan adalah kewajiban seluruh elemen masyarakat. Untuk itu Pemerintah daerah memeiliki komitmen untuk meneruskan nilai-nilai perjuangan para pahlawan pendahulu kita. Dikatakan, terkait pemahaman nilai perjuangan ini, pemkab badung melalui Kesbangpol Linmas setiap tahunnya telah melaksanakan pendidikan bela negara dengan sasaran karang taruna, sekaa teruna maupun PKK. "Ini adalah salah satu bagian kecil langkah konkrit kami dalam upaya menterjemahkan nilai-nilai kejuangan kedalam program dan visi-misi pemerintah daerah," terangnya. Terkait dengan pelaksanaan PPBN ini, Kompyang R. Swandika sangat mendukung, terlebih sasaran para pelajar di Kabupaten Badung. "Kami kira momentum ini sangat tepat, apalagi besok (hari ini-red) merupakan Hari Kesaktian Pancasila yang diisi dengan pendidikan pancasila dan bela negara," terangnya.
     
                Sementara Ketua Korps Menwa Ugrasena Bali Bagus Ngurah Rai mengatakan, PPBN untuk di Badung akan dilaksanakan secara bertahap, untuk tahap pertama diberikan kepada siswa di wilayah Badung Tengah dan selanjutnya akan dirancang bagi siswa di badung utara dan selatan. Dalam pembukaan PPBN pada apel ini akan diisi penandatanganan prasasti serta arak-arakan dalam upaya membangkitkan kembali jiwa patriotik. Dijelaskan, PPBN untuk SMA akan dilaksanakan selama dua hari, untuk SMP satu hari, SD 8-9 jam dan TK 3 jam.
     
                Ketua GNPP Bali Dr. Putra Wijaya menyampaikan, Peringatan Hari Kesaktian Pancasila merupakan momentum yang sangat tepat didalam memberikan pemahaman kepada pelajar tentang pendidikan pancasila dan bela negara ini. Terlebih saat ini telah terjadi degradasi dalam pendidikan pancasila dan pengamalan terhadap nilai-nilai pancasila tersebut. "Kami ingin menggeloragan nilai-nilai pancasila itu melalui PPBN di sekolah, sehingga para siswa cinta dengan tanah airnya," terangnya. Ketua DHD Angkatan 45 Provinsi Bali  Prof. Windia menjelaskan, bahwa pihaknya merupakan sebuah komunitas untuk melestarikan semangat nilai 45 yang saat ini dijabarkan dalam bentuk bela negara kepada pelajar. Melalui PPBN ini diharapkan dapat mengurangi kenakaran remaja, pencabulan serta narkoba dikalangan pelajar. Hal senada disampaikan Ketua Umum manajemen Monumen Perjuangan Bangsal Dr. Bagus Ngurah Putu Arhana. Menurutnya, PPBN ini diharapkan dapat memberikan pemahaman kepada para pelajar tentang bagaimana mengamalkan nilai-nilai pancasila baik di lingkungan sekolah maupun di masyarakat.

    Bagikan
...

TENTANG

Pemerintah Kabupaten Badung

Ini adalah website resmi Pemerintah Kabupaten Badung, Bali, Indonesia.

Alamat
Jl.Raya Sempidi, Mangupura, Badung, 80351 Bali.

Media Sosial

KONTAK KAMI

  • Jl.Raya Sempidi, Mangupura, Badung, Bali.

  • (0361) 9009333

  • setda@badungkab.go.id

  • www.badungkab.go.id

FACEBOOK