Informasi › Berita
  • Tingkatkan Keterampilan Tangani Kebencanaan BPBD Badung Gelar Bimtek Bagi TRC

    Admin

    Rabu, 4 Mei 2016 01:00 WITA

    Tingkatkan Keterampilan Tangani Kebencanaan BPBD Badung Gelar Bimtek Bagi TRC
    Foto : Tingkatkan Keterampilan Tangani Kebencanaan Bpbd Badung Gelar Bimtek Bagi Trc

    Dalam upaya meningkatkan pengetahuan dan ketrampilan berkaitan dengan kebencanaan, Badan Penanggulangan Bencana Daerah (BPBD) Kabupaten Badung menggelar Bimbingan Teknis (Bimtek) TRC BPBD kabupaten badung. Kegiatan tersebut dibuka Kepala BPBD Badung I Nyoman Wijaya di ruang rapat BPBD, Puspem Badung, Mangupraja Mandala, Senin (2/5) kemarin. Turut hadir Kepala Pelaksana BPBD Provinsi Bali Dewa Made Indra, Danlanal Benoa, Badan Narkotika Nasional Provinsi Bali.


    Ketua panitia Wayan Netra mengatakan, penyelenggaraan bimbingan teknis TRC BPBD Badung tahun 2016 akan berlangsung dari tanggal 2-4 Mei 2016, bertempat di ruang pertemuan BPBD kab Badung (teori), sedangkan praktek dilaksanakan di dua tempat yaitu praktek teknik bongkar pasang, pengoprasian mesin senso di halaman BPBD kab badung dan praktek pengoperasian perahu karet di pantai Patra Jasa Kelurahan Kuta. Tujuan bimbingan teknis TRC BPBD kab badung adalah meningkatkan pengetahuan, keahlian, ketrampilan dan sikap prilaku guna dapat melaksanakan tugas secara profesional dengan dilandasi kepribadian dan etika yang berkaitan dengan kebencanaan yang berorientasi pelayanan pengayoman dan pemberdayaan masyarakat. Menciptakan aparatur yang berperan sebagai inovator dan perekat persatuan dan kesatuan bangsa, meningkatkan kesamaan visi dan dinamika pola pikir dalam melaksanakan tugas pemerintahan dan pembangunan demi terwujudnya kepemerintahan yang baik. Sasarannya adalah terwujudnya keterampilan dan kompetensi yang berkaitan dengan kebencanaan bagi TRC BPBD kabupaten badung. Adapun instruktur dari BPBD Provinsi Bali, Polda Bali, BNN Provinsi Bali, Danlanal Benoa, SAR Denpasar dan praktisi kebencanaan. Jumlah peserta 45 orang terdiri dari unsur BPBD 5 orang dan TRC BPBD kab badung sebanyak 40 orang.


           Kepala BPBD Badung Nyoman Wijaya menyampaikan bimbingan teknis TRC BPBD merupakan proses pengatahuan tentang penyampaian informasi tentang kebencanaan, karena dengan bintek ini akan dapat menambah pengetahuan dan keterampilan kebencanaan dan sekaligus mengimplementasikan di lingkungan kerja maupun lingkungan masyaarakat. Badan penanggulangan bencana daerah kab badung diwajibkan memiliki kemampuan berupa pengetahuan, ketrampilan, sikap dan prilaku yang diperlukan dalam pelaksanaan tugas. Untuk itu dalam pelaksanaan bintek anggota TRC BPBD ini, adapun meteri yg diberikan berkaitan dengan pengetahuan mangement penanggulangan bencana, pemahaman bahaya narkoba, penyelamatan korban di laut, kemaritiman dan fungsi TRC BPBD serta kegiatan lapangan manakala terjadi bencana dan bencana lainya. Standar kompetensi yang perlu dimiliki oleh angota TRC BPBD adalah kemampuan dalam meningkatkan komitmen dan integritas moral, tanggung jawab profesi, disiplin dan etos kerja, prinsip-prinsip budaya organisasi pemerintah, manejemen perkantoran bekerjasama dalam kelompok dan melaksanakan komonikasi yang saling menghargai.


    Bagikan
...

TENTANG

Pemerintah Kabupaten Badung

Ini adalah website resmi Pemerintah Kabupaten Badung, Bali, Indonesia.

Alamat
Jl.Raya Sempidi, Mangupura, Badung, 80351 Bali.

Media Sosial

KONTAK KAMI

  • Jl.Raya Sempidi, Mangupura, Badung, Bali.

  • (0361) 9009333

  • setda@badungkab.go.id

  • www.badungkab.go.id

FACEBOOK