Informasi › Berita
  • Orientasi Pendidikan Bela Negara.

    Admin

    Rabu, 30 Maret 2016 01:00 WITA

    Orientasi Pendidikan Bela Negara.
    Foto : Orientasi Pendidikan Bela Negara.

    Pemerintah Kabupaten Badung melalui Badan Kesbang. Pol. dan Linmas menyelenggarakan Orientasi Pendidikan Bela Negara bagi Aparatur Desa/Kelurahan dan Kecamatan di Kabupaten Badung tahun 2016. Acara ini dibuka Kepala Kesbang.Pol dan Linmas Kabupaten Badung I Nyoman Suendi, bertempat di ruang Pertemuan Kesbang.Pol dan Linmas Pusat Pemerintahan Mangupraja Mandala. Senin (28/3).


                Pada kesempatan tersebut Kepala Kesbang.Pol dan Linmas I Nyoman Suendi dalam sambutannya menyampaikan, kegiatan ini merupakan momentum yang sangat strategis untuk menumbuh kembangkan kesadaran seyiap warga Negara akan hak dan kewajibannya dalam upaya bela Negara dalam rangka meningkatkan ketahanan Nasional. Bela Negara adalah sikap dan prilaku warga Negara yang dijiwai kecintaan kepada Tanah Air Negara Kesatuan Republik Indonesia berdasarkan Pancasila dan Undang-undang Dasar 1945 dalam menjalin kelangsungan hidup bangsa dan Negara seutuhan. Kesadaran berbangsa dan bernegara memiliki keyakinan akan hak dan kewajiban serta tanggungjawab sebagai warga Negara yang rela berkorban untuk membela bangsa dan Negara demi eksistensinya.


                Lebih lanjut Suendi menyampaikan, program pengembangan bela Negara sangat relevan bila dikaitkan dengan adanya indikasi bahwa akhir-akhir ini dirasakan adanya penurunan kadar persatuan dan kesatuan bangsa. Wawasan kebangsaan maupun kesadaran bela Negara di kalangan masyarakat dalam situasi dan kondisi yang demikian maka untuk mengantisifasi permasalahan tersebut dipandang perlu menumbuhkembangkan kesadaran berbangsa dan bela Negara bagi anak bangsa secara berkesinambungan. Kesadaran bela Negara tidaklah tumbuh dengan sendirinya, tetapi harus ditanamkan dan ditumbuhkembangkan dengan berbagai upaya sejak dini, sehingga nilai-nilai bela Negara harus dimulai dari diri sendiri, dari hal yang terkecil dan mulai saat ini, mulai dalam lingkungan keluarga, masyarakat, lingkungan pekerjaan sehingga menjadi kesadaran bersama.


                Sementara itu Ketua Panitia Kabid. Ideologi dan Wawasan Kebangsaan Ni Putu Asiani melaporkan, tujuan pelaksanaan Orientasi Pendidikan Bela Negara adalah untuk; menanamkan tekad, sikap dan prilaku Cinta Tanah Air bagi setiap WNI dan rela berkorban bagi bangsa dan Negara sesuai nilai-nilai Pancasila dan UUD 1945, meningkatkan kesadaran bela Negara sebagai wujud revolusi mental dan membangun daya tangkal dalam menghadapi komplektisitas dinamika ancaman untuk mewujudkan ketahanan Nasional di Daerah dan mengoptimalkan komponen Aparatur Pemerintah Desa /Kelurahan dalam peningkatan kesadran bela Negara. Peserta pelatihan berjumlah 68 orang terdiri dari Aparatur Desa/Kelurahan dan Kecamatan se-Kabupaten Badung. 


    Bagikan
...

TENTANG

Pemerintah Kabupaten Badung

Ini adalah website resmi Pemerintah Kabupaten Badung, Bali, Indonesia.

Alamat
Jl.Raya Sempidi, Mangupura, Badung, 80351 Bali.

Media Sosial

KONTAK KAMI

  • Jl.Raya Sempidi, Mangupura, Badung, Bali.

  • (0361) 9009333

  • setda@badungkab.go.id

  • www.badungkab.go.id

FACEBOOK