Informasi › Berita
  • Pemkab Badung Kembali Gelar Pelatihan PPRG

    Admin

    Kamis, 24 Maret 2016 01:00 WITA

    Pemkab Badung Kembali Gelar Pelatihan PPRG
    Foto : Pemkab Badung Kembali Gelar Pelatihan Pprg

    Pemerintah Kabupaten Badung melalui Kantor Pemberdayaan Perempuan kembali menggelar Pelatihan Perencanaan Penganggaran Rensponsif Gender (PPRG) yang dilaksanakan Rabu (24/2) bertempat di Kantor Pemberdayaan Perempuan Kabupaten Badung. Pelatihan diikuti perwakilan dari SKPD di lingkungan Pemerintah Kabupaten Badung. Pelatihan dibuka langsung Kepala Kantor Pemberdayaan Perempuan Kabupaten Badung Ida Ayu Yutri Indah Gustari.
    Disampaikan bahwa Pengarusutamaan Gender dalam pembangunan nasional telah mendorong semua pihak untuk bersedia melakukan pengarusutamaan gender agar seluruh proses perencanaan, pelaksanaan, monitoring dan evaluasi dari seluruh kebijakan, program dan kegiatan di seluruh sektor pembangunan telah memperhitungkan dimensi gender yaitu laki-laki dan perempuan sebagai pelaku yang setara dalam akses, partisipasi dan kontrol atas pembangunan maupun dalam memanfaatkan hasil pembangunan. Namun sampai saat ini kedudukan dan peran perempuan khususnya di Kabupaten Badung masih belum mencapai hasil yang maksimal yang bisa dilihat dari pada nilai IPG Badung tahun 2014 baru mencapai 75,47 sementara nilai IPM Badung tahun 2014 mencapai 77,98 . “Untuk memperkecil kesenjangan tersebut Pemkab Badung telah mengeluarkan dan menempuh berbagai kebijakan seperti memasukkan pengarusutamaan gender dan perlindungan anak sebagai salah satu isu strategis dalam RPJMD, membentuk dan meningkatkan peran kelompok kerja dan focal point di masing-masing SKPD, menyusun panduan pengintegrasian isu gender ke dalam system perencanaan dan penganggaran pembangunan daerah serta melaksanakan rapat koordinasi pembangunan gender dengan tujuan untuk mengintegrasikan pengalaman aspirasi, kebutuhan dan permasalahan perempuan dan laki-laki de dalam perencanaan, pemantauan dan evaluasi pada seluruh program dan kebijakan pembangunan”paparnya.


    Untuk mewujudkan hal tersebut maka diperlukan kerja keras baik pemerintah, swasta maupun masyarakat dengan memahami tiga prinsip utama dalam pengarusutamaan gender, yang dituangkan dalam setiap program atau kegiatan di masing-masing SKPD. “Dan pelatihan ini merupakan upaya menyiapkan SDM yang memiliki perspektif gender guna mendorong akselerasi pengintegrasian isu-isu gender dalam perencanaan, pelaksanaan dan evaluasi pembangunan di Badung, dan diharapkan mampu memberikan pemahaman dan pengetahuan tentang proses perencanaan dan penganggaran yang responsive gender sehingga setiap PPTK di masing-masing SKPD mampu mengimplementasikannya pada setiap rencana, program atau kegiatan sesuai tupoksinya masing-masing sehingga keberhasilan tujuan SDGs dapat dicapai”pungkasnya.


    Bagikan
...

TENTANG

Pemerintah Kabupaten Badung

Ini adalah website resmi Pemerintah Kabupaten Badung, Bali, Indonesia.

Alamat
Jl.Raya Sempidi, Mangupura, Badung, 80351 Bali.

Media Sosial

KONTAK KAMI

  • Jl.Raya Sempidi, Mangupura, Badung, Bali.

  • (0361) 9009333

  • setda@badungkab.go.id

  • www.badungkab.go.id

FACEBOOK