<p style="text-align:justify; margin:0cm 0cm 8pt"><span style="font-size:11pt"><span style="line-height:107%"><span style="font-family:Calibri,sans-serif">Dinas Komunikasi dan informatika (Diskominfo) Badung, dalam upaya meningkatkan kemampuan melaksanakan pelayanan publik melalui kanal-kanal pengaduan yang dimiliki Kabupaten Badung, menyelenggarakan pelatihan Softskill Pengaduan Kabupaten Badung yang diselenggarakan di Ruang Command Center Dinas Kominfo pada, Selasa (14/4).</span></span></span></p> <p style="text-align:justify; margin:0cm 0cm 8pt"><span style="font-size:11pt"><span style="line-height:107%"><span style="font-family:Calibri,sans-serif">Sistem Pengaduan Masyarakat (Sidumas) merupakan mekanisme yang dirancang untuk memfasilitasi warga dalam menyampaikan keluhan, saran, atau laporan mengenai berbagai masalah yang mereka hadapi terkait layanan publik. Sidumas Kabupaten Badung saat ini telah berjalan, Admin yang menangani masalah pengaduan sudah ada, walaupun pengaduan yang masuk masih sedikit. Untuk itu, Pemerintah Kabupaten Badung melakukan pembaharuan pengembangan sistem pengaduan yang mengarah ke sistem yang lebih simple dan mudah diakses masyarakat. Setiap informasi yang masuk melalui sidumas akan terpantau dan terkoneksi dengan sistem Kontak Bupati. </span></span></span></p> <p style="text-align:justify; margin:0cm 0cm 8pt"><span style="font-size:11pt"><span style="line-height:107%"><span style="font-family:Calibri,sans-serif">Saat ini, masyarakat dapat dengan mudah menyampaikan pengaduan melalui platform digital yang dirancang untuk menjembatani komunikasi langsung, cepat, dan transparan antara warga dan pemerintah daerah. Melalui aplikasi ini, masyarakat dapat mengajukan keluhan, memberikan saran, serta melaporkan kejadian yang terjadi di sekitar mereka secara praktis, kapan saja dan di mana saja.</span></span></span></p> <p style="text-align:justify; margin:0cm 0cm 8pt"><span style="font-size:11pt"><span style="line-height:107%"><span style="font-family:Calibri,sans-serif">Tidak hanya berfungsi sebagai sarana pelaporan, aplikasi ini juga menjadi wujud nyata dari pelayanan publik yang partisipatif, di mana warga memiliki peran aktif dalam pengawasan, perbaikan, dan peningkatan kualitas layanan pemerintah.</span></span></span></p> <p style="text-align:justify; margin:0cm 0cm 8pt"><span style="font-size:11pt"><span style="line-height:107%"><span style="font-family:Calibri,sans-serif">Menurut Trendi selaku narasumber dari PT. Jasnita melalui paparannya menyampaikan  bahwa alur proses Sidumas dimulai dengan pelapor yang melakukan registrasi dengan mencantumkan nama, nomor HP, dan titik lokasi pelaporan. Setelah laporan diterima, verifikasi akan dilakukan oleh verifikator dalam waktu maksimal 3 hari kerja untuk kasus <i>non-emergency</i>, pada hari libur untuk kasus <i>emergency</i>.</span></span></span></p> <p style="text-align:justify; margin:0cm 0cm 8pt"><span style="font-size:11pt"><span style="line-height:107%"><span style="font-family:Calibri,sans-serif">Selanjutnya Admin Perangkat Daerah akan memberikan komentar menindaklanjuti ke petugas, melaporkan hasil tindak lanjut dengan maksimal waktu 7 hari kerja. Pelapor akan mendapatkan akses  untuk monitoring proses pengaduan dan mendapatkan notifikasi, serta dapat memberikan tanggapan.  Proses tersebut dapat di monitoring dan proses tindak lanjut oleh Kepala Daerah/ Sekda maupun Inspektorat.</span></span></span></p> <p style="text-align:justify; margin:0cm 0cm 8pt"><span style="font-size:11pt"><span style="line-height:107%"><span style="font-family:Calibri,sans-serif">Lebih lanjut, Identifikasi pengaduan yang masuk sangat penting agar informasi dan verifikasi yang disampaikan menjadi akurat. Proses ini tidak hanya meningkatkan keandalan data, tetapi juga memastikan bahwa solusi yang diberikan tepat sasaran dan sesuai dengan kebutuhan pelapor. </span></span></span></p> <p><span lang="IN" style="font-size:11.0pt"><span style="line-height:107%"><span calibri="" style="font-family:">Sebagai Inform</span></span></span><span lang="EN-US" style="font-size:11.0pt"><span style="line-height:107%"><span calibri="" style="font-family:">a</span></span></span><span lang="IN" style="font-size:11.0pt"><span style="line-height:107%"><span calibri="" style="font-family:">si kegiatan ini menghadirkan peserta dari Dinas Kominfo</span></span></span><span lang="EN-US" style="font-size:11.0pt"><span style="line-height:107%"><span calibri="" style="font-family:"> Badung</span></span></span> <span lang="IN" style="font-size:11.0pt"><span style="line-height:107%"><span calibri="" style="font-family:">(Bidang P</span></span></span><span lang="EN-US" style="font-size:11.0pt"><span style="line-height:107%"><span calibri="" style="font-family:">elayanan </span></span></span><span lang="IN" style="font-size:11.0pt"><span style="line-height:107%"><span calibri="" style="font-family:">I</span></span></span><span lang="EN-US" style="font-size:11.0pt"><span style="line-height:107%"><span calibri="" style="font-family:">nformasi </span></span></span><span lang="IN" style="font-size:11.0pt"><span style="line-height:107%"><span calibri="" style="font-family:">P</span></span></span><span lang="EN-US" style="font-size:11.0pt"><span style="line-height:107%"><span calibri="" style="font-family:">ublik</span></span></span><span lang="IN" style="font-size:11.0pt"><span style="line-height:107%"><span calibri="" style="font-family:">, Bidang T</span></span></span><span lang="EN-US" style="font-size:11.0pt"><span style="line-height:107%"><span calibri="" style="font-family:">eknologi </span></span></span><span lang="IN" style="font-size:11.0pt"><span style="line-height:107%"><span calibri="" style="font-family:">I</span></span></span><span lang="EN-US" style="font-size:11.0pt"><span style="line-height:107%"><span calibri="" style="font-family:">nformasi dan </span></span></span><span lang="IN" style="font-size:11.0pt"><span style="line-height:107%"><span calibri="" style="font-family:">K</span></span></span><span lang="EN-US" style="font-size:11.0pt"><span style="line-height:107%"><span calibri="" style="font-family:">omunikasi</span></span></span><span lang="IN" style="font-size:11.0pt"><span style="line-height:107%"><span calibri="" style="font-family:">, Bidang E</span></span></span> <span lang="IN" style="font-size:11.0pt"><span style="line-height:107%"><span calibri="" style="font-family:">Gov</span></span></span><span lang="EN-US" style="font-size:11.0pt"><span style="line-height:107%"><span calibri="" style="font-family:">erment</span></span></span><span lang="IN" style="font-size:11.0pt"><span style="line-height:107%"><span calibri="" style="font-family:">, </span></span></span><span lang="EN-US" style="font-size:11.0pt"><span style="line-height:107%"><span calibri="" style="font-family:">dan Bidang </span></span></span><span lang="IN" style="font-size:11.0pt"><span style="line-height:107%"><span calibri="" style="font-family:">P</span></span></span><span lang="EN-US" style="font-size:11.0pt"><span style="line-height:107%"><span calibri="" style="font-family:">engelolaan Komunikasi </span></span></span><span lang="IN" style="font-size:11.0pt"><span style="line-height:107%"><span calibri="" style="font-family:">P</span></span></span><span lang="EN-US" style="font-size:11.0pt"><span style="line-height:107%"><span calibri="" style="font-family:">ublik</span></span></span><span lang="IN" style="font-size:11.0pt"><span style="line-height:107%"><span calibri="" style="font-family:">), Badan Penanggulangan  Bencana Daerah (BPBD),  dan Dinas Pemadam Kebakaran.</span></span></span></p>
Pelatihan Softskill Pengaduan: Upaya Diskominfo Badung untuk Memperkuat Sistem Pelayanan Publik
15 Apr 2025